counter

KAI Sumbar tambah rangkaian antisipasi lonjakan penumpang

KAI Sumbar tambah rangkaian antisipasi lonjakan penumpang

Kepala PT KAI Divre II Sumatera Barat Fredi Firmansyah. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

KAI juga akan memulai posko Angkutan Lebaran mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019 untuk memastikan pelayanan terbaik bagi penumpang.
Padang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumatera Barat menambah rangkaian Kereta Api untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur lebaran 2019.

"Kita sudah siapkan rencana operasi untuk melayani penumpangnya agar merasa aman, nyaman dan terkesan saat naik Kereta Api, salah satunya dengan menambah rangkaian," kata Kepala PT KAI Divre II Fredi Firmansyah di Padang, Kamis (23/5).

Menurut dia, Kereta Api Sibinuang relasi Padang-Naras (PP) akan menambahkan satu kereta ekonomi (K3) untuk mengakomodasi penumpang saat libur lebaran.

Rincian Kereta Api Sibinuang 1 memiliki kapasitas 488 tempat duduk, ditambah 50 persen untuk penumpang tanpa tempat duduk dalam sekali jalan. Kemudian, KA Sibinuang 2 memiliki kapasitas 446 tempat duduk, ditambah 50 persen untuk penumpang tanpa tempat duduk dalam sekali jalan sekali jalan.

Selain itu, untuk dua kereta api lainnya sesuai formasi rangkaian yang ada, yaitu KA Minangkabau Ekspres relasi Padang - BIM (PP) mengangkut 393 penumpang sekali jalan, dengan rincian 200 tempat duduk dan 193 tanpa tempat duduk, dan KA Lembah Anai relasi Kayutanam - BIM (PP) mengangkut 117 penumpang sekali jalan, dengan rincian 78 tempat duduk dan 39 tanpa tempat duduk.

Selain itu PT KAI juga akan memulai posko Angkutan Lebaran mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019 untuk memastikan pelayanan terbaik bagi penumpang.

"Kita juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk membantu pengamanan sehingga penumpang merasa semakin aman dan nyaman," kata dia.

Personel akan dibagi menjadi beberapa tim dan ditempatkan pada titik tertentu yang diperkirakan rawan untuk keselamatan Perjalanan KA (PerKA), seperti halnya pelemparan batu oleh orang tak bertanggung jawab.

Pengamanan itu selain Bantuan Keamanan Operasional (BKO) TNI dan Polri juga dari internal KAI yaitu Security dan Polsuska.

Penumpang kereta api di Jember meningkat lebih dari 100%

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar