Tripoli, Libya (ANTARA) - Penjaga pantai Libya menyelamatkan 290 migran dari perahu-perahu karet pada Jumat dalam dua operasi di dekat Tripoli, ibu kota negeri itu, kata seorang juru bicara Angkatan laut.

Pantai barat Libya adalah tempat keberangkatan utama ratusan ribu migran yang menyelamatkan diri dari perang dan kemiskinan di negeri-negeri mereka untuk mencapai pantai Italia.

Satu kapal penjaga pantai menyelamatkan 87 migran dari lepas pantai Qarabuli, kota kecil yang berada 50 kilometer di sebelah timur Tripoli, dari sebuah perahu karet, kata Juru Bicara Angkatan Laut Ayoub Qassem.

Penjaga pantai tersebut adalah bagian dari Angkatan Laut Libya.

Satu kelompok yang terdiri atas sebanyak 203 migran diselamatkan dari dua perahu karet di lepas pantai Ziltin, kota kecil yang terletak 160 kilometer di sebelah timur Tripoli, kata Qassem.

"Semua migran ditemukan berpegang pada perahu yang pecah dan lusuh. Mereka diselamatkan oleh patroli penjaga pantai dengan dua kapal berbeda," kata Qassem.

Semua migran itu telah diserahkan kepada departemen yang menangani migrasi tidak sah setelah mereka turun di dua kota, Khomaz dan Janzur, kata Qassem.

Mereka berasal dari beberapa negara Arab dan Sub-Sahara, termasuk tujuh perempuan dan satu anak kecil.

Setelah kesepakatan yang didukung Italia tercapai, jumlah orang yang menyeberang telah turun tajam sejak Juli 2017, yaitu ketika penyelundup manusia diusir oleh satu kelompok bersenjata dari pusat penyelundupan di Kota Sabratha di Tripoli Barat.

Negara Afrika Utara yang kaya akan minyak itu terjerumus ke dalam kekacauan, delapan tahun setelah aksi perlawanan dukungan NATO berlangsung. Aksi tersebut menggulingkan penguasa lama Libya, Muammar Gaddafi, 2011.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sedikitnya 30 migran, sebagian besar balita, tenggelam di Libya
Baca juga: 5.000 migran tewas tenggelam di Laut Tengah sepanjang 2016

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019