Pamekasan (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Pamekasan, Jawa Timur membagikan sebanyak 460 paket Lebaran dan santunan kepada anak yatim dan tukang becak di wilayah itu.

Ketua Pengurus Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Pamekasan Matnin, di Pamekasan, Jumat, mengatakan selain anak yatim dan tukang becak, elemen masyarakat lainnya yang juga akan menerima paket Lebaran adalah warga yang mengabdikan dirinya untuk menyebar luaskan syiar Islam, yakni para juru dakwah.

"Dai yang kami data mendapatkan paket Lebaran pada Lebaran kali ini sebanyak 60 orang," katanya.

Untuk anak yatim, sambung Matnin, paket Lebaran yang disediakan Lazismu Pamekasan untuk 150 anak, sedangkan yang akan menerima santunan sebanyak 150 anak, sehingga total jumlah anak yatim yang akan menerima saluran hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekah dari Lazismu Pamekasan sebanyak 300 anak.

Sedangkan tukang becak, disediakan untuk 100 orang, berupa santunan dan paket Lebaran, sehingga total jumlah jiwa yang akan menerima santunan dan paket Lebaran pada Idul Fitri 1440 Hijriah kali ini sebanyak 460 orang.

Matnin menjelaskan, khusus untuk anak yatim, pihaknya juga memberikan bantuan alat-alat sekolah berupa tas, buku dan kelengkapan kebutuhan sekolah lainnya.

"Nilai total dari santunan dan paket Lebaran untuk anak yatim, tukang becak dan juru dakwah ini sekitar Rp100 juta, sesuai dengan hasil pengumpulan zakat yang berhasil kami kumpulkan dari zakat, infak dan sedekah yang disalurkan warga melalui Lazismu Pamekasan," kata Matnin yang juga dosen Ilmu Ekonomi Islam di Institute Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan ini.

Ia berharap, bantuan dan paket Lebaran kepada orang yang berhak menerima bantuan tersebut bisa meringankan beban mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah kali ini.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019