Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Jamhur Ismail, meminta PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di wilayah setempat tetap mengutamakan keselamatan penumpang saat mudik Lebaran mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Kepri memprediksi hingga Lebaran mendatang curah hujan cukup tinggi di sejumlah daerah di Kepri.

"Untuk itu, kami minta setiap keberangkatan penumpang ASDP harus berpatokan pada kondisi cuaca yang diberikan oleh BMKG," kata dia di Tanjungpinang, Jumat.

Ia mengharapkan keberangkatan penumpang selama mudik Lebaran dapat berjalan aman, lancar, sedangkan para pemudik sampai tempat tujuan dengan selamat.

Tidak hanya terkait dengan kondisi cuaca, kata dia, ASDP juga diminta memastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas kapal.

"Jangan sampai berangkat dengan membawa penumpang yang 'over' kapasitas. Akan kami tindak tegas," kata Jamhur.

Dishub bersama pihak-pihak terkait lainnya di daerah itu juga memastikan terus memantau dan mengawasi pelaksanaan mudik Lebaran di pelabuhan-pelabuhan di Kepri, supaya selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang saat mudik Idul Fitri.

Selain itu, Dishub Kepri turut mengimbau kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) aktif mengecek kelayakan angkutan Lebaran sebelum keberangkatan.

"Tidak hanya kelayakan kapalnya saja, tetapi juga nakhoda dan anak buah kapal di dalamnya harus dicek kesehatannya demi keamanan mudik," kata dia.

Pewarta: Ogen
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019