Medan (ANTARA) - PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menggelar Safari Ramadhan di 12 kabupaten dan kota di Sumatera Utara dalam rangka menyemarakkan suasana bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Kepala Departemen CSR Inalum Susyam Widodo di Medan, Jumat, mengatakan, Safari Ramadhan ini juga dilaksanakan di Kabupaten Batubara dan Toba Samosir yang merupakan wilayah kerja yang paling berdekatan dengan Pabrik Peleburan dan PLTA Inalum.

Ke-12 kabupaten/kota tersebut meliputi Kabupaten Batubara, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Tebing Tinggi, Medan, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Asahan dan Simalungun.

Acara yang berlangsung mulai 7 Mei 2019 tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa masjid yang berdekatan dengan wilayah operasi Inalum atau Sungai Asahan dan Danau Toba yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota.

Pada Safari Ramadhan yang dilaksanakan di masjid-masjid bekerjasama dengan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) itu selain berbuka puasa bersama dengan jamaah masjid, Inalum juga turut memberikan bantuan untuk keperluan Ramadhan seperti gula, kopi, teh, biskuit, kurma, sirup, lampu emergency, dispenser, galon air mineral dan Al-Qur’an.

Rangkaian safari Ramadhan dimulai dari safari ke Masjid Amaliyah Kabupaten Batubara pada tanggal 7 Mei 2019, dilanjutkan ke Masjid Jami’ Issabil Kota Tanjung Balai (9/5).

Masjid Jami’ Kota Tebing Tinggi (10/5), Masjid Al-Ikhlas Panji Bako Kabupaten Dairi (14/5), Masjid Al Jihad Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (15/5), Masjid Taufiq Kabanjahe Kabupaten Karo (15/5), Masjid Al Falaah Buntu Pane Kabupaten Asahan.

Masjid Al Muhajirin Tampubolon Kabupaten Toba Samosir,Masjid Al Hasanah Pangururan Kabupaten Samosir serta Masjid Ar Rahman Titi Kuning Kota Medan (16/5).

Rangkaian safari Ramadhan ini kemudian ditutup pada tanggal 17 Mei 2019 di Masjid Raya Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan dan Masjid Amaliyah Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun.

Dalam kegiatan safari Ramadhan ini, selain agenda berbuka puasa bersama dan penyerahan bantuan, rangkaian safari juga diisi dengan tausiyah singkat dari Ustad Masjid setempat untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan dalam bulan Ramadhan ini.

Sementara Deputy Sekretaris Perusahaan Inalum Mahyaruddin Ende menyatakan bahwa kegiatan Safari Ramadhan itu dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Inalum terhadap 12 Kabupaten/Kota yang telah berperan aktif mendukung operasional Inalum khususnya di bulan Ramadhan ini.

"Safari Ramadhan ini kami laksanakan sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung Inalum selama ini sehingga dapat beroperasi dengan lancar. Semoga kegiatan safari Ramadhan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Inalum dengan masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019