Bengkulu (ANTARA) - Kepolisian Resor Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini tengah meningkatkan pengamanan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang selama ini dikenal rawan tindak kejahatan.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan peningkatan pengamanan ini dilakukan guna menjaga keamanan warga di wilayah itu juga para pengguna jalan penghubung kedua provinsi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang.

"Kita terus melakukan patroli baik yang dilakukan oleh petugas Polsek Padang Ulak Tanding, Polsek Sindang Kelingi dan Polres Rejang Lebong. Saat ini juga sudah didirikan Pospol Kontainer di wilayah Kecamatan Binduriang," ujar dia.

Selain itu, dia juga mengimbau kalangan masyarakat yang akan lewat di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau agar dilakukan pada siang hari dan jika melintas pada malam hari agar dilakukan secara konvoi.

"Jika masih ragu para pengguna jalan lintas silahkan mampir ke Polsek Padang Ulak Tanding maupun Polsek Sindang Kelingi untuk minta pengawalan, nanti akan dikawal secara gratis," tambah dia.

Dia juga mengingatkan, kalangan pengguna jalan lintas yang lewat sendirian pada malam hari juga diminta untuk mewaspadai ranjau paku yang dipasang pelaku tindak kejahatan, di mana hasil identifikasi pihaknya dilakukan anak-anak di bawah umur.

"Ranjau paku ini jika dilindas oleh kendaraan maka dapat mengempeskan ban kendaraan baik sepeda mobil maupun mobil. Ini salah satu bentuk kenakalan remaja dan sekarang masih kita selidiki," jelasnya.

Dia meminta, sopir kendaraan yang terkena ranjau paku saat melintas di wilayah itu agar terus melajukan kendaraannya, jangan berhenti hingga bertemu Polsek atau Koramil. Nantinya petugas kepolisian maupun anggota TNI akan memberikan bantuan.

"Kalau melihat benda mencurigakan seperti kotak rokok, tumpukan sampah, sandal jepit dan barang lainnya di tengah jalan agar jangan dilindas karena dikhawatirkan ranjau paku," tambah dia lagi.

Menjelang Idul Fitri pihaknya telah meningkatkan patroli rutin baik di jalan lintas, juga patroli di kawasan perkotaan sembari menunggu pendirian pos pengamanan dalam Operasi Ketupat Lebaran yang dilaksanakan H-7 nanti.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019