Kami bersyukur bisa membeli dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan harga di pasaran,
Sidoarjo (ANTARA) - Ratusan warga Sidoarjo, Jawa Timur antre membeli bahan pokok murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, di parkir Timur Gedung Olahraga (GOR) Sidoarjo, dalam rangka menyambut datangnya Lebaran tahun 2019.

Salah seorang warga, Suyati saat ditemui di lokasi penjualan bahan pokok murah di Sidoarjo, Jumat, mengatakan, dirinya membeli bahan pokok berupa beras seharga Rp35 ribu setiap kilogramnya.

"Saya beli untuk persediaan, sekalian beli 10 kilogram beras," ujarnya.

Selain membeli beras, dirinya juga menyempatkan diri membeli ikan bandeng seharga Rp28 ribu, untuk satu kemasan seberat 2 kilogram.

"Untuk pembelian bandeng, kami harus membeli kupon terlebih dahulu di kantor Dinas Perikanan Sidoarjo. Kemudian setelah mendapatkan kupon baru ditukar ke tempat pembelian sambil membawa KTP asli," tambahnya.

Menurutnya, pembelian bahan pokok murah seperti ini memang harus dilakukan supaya bisa membantu warga yang kurang mampu terutama menjelang pelaksanaan Lebaran di Sidoarjo.

"Kami bersyukur bisa membeli dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan harga di pasaran," katanya.

Kondisi berbeda dikeluhkan oleh Fatimah warga lainnya, yang mengeluhkan kalau dirinya tidak siap membawa KTP sebagai salah satu syarat pembelian bahan pokok murah tesebut.

"Tidak tahu kalau ada persyaratan membawa KTP, jadi ya tidak bisa beli ikan bandeng," ujarnya.

Sedianya kegiatan pasar murah tersebut akan dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saifulah, namun karena sesuatu hal harus ditunda Sabtu (25/5).

"Pembukaan ditunda besok dengan tempat dan jam yang sama dikarenakan ada acara penting mendadak Bupati hari ini di Jakarta," sebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Tjarda.

Ia mengemukakan, dalam kegiatan pasar murah itu dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2019.

"Disperindag Sidoarjo telah menyiapkan sebanyak 3.000 paket sembako yang akan dibagikan Bupati Sidoarjo. Paket sembako yang berisi 2 kg gula pasir, 1 botol minyak goreng, 2 pcs Indomie dan 1 botol kecap. 1 Paket sembako tersebut dijual dengan harga Rp20.000 dengan sistem kupon dari Disperindag," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya juga mengajak industri kecil dan menengah (IKM) untuk menggelar produknya di stand yang sudah disiapkan.

"Berbagai makanan dan jajanan khas Sidoarjo hasil olahan dari IKM akan digelar di Pasar Rakyat Ramadhan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019