..secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni - Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran..
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri BUMN Rini M Soemarno memeriksa kesiapan rest area di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini.

“Saya mengecek di tempat istirahat KM 33, tempat istirahat KM 215 dan Interchange Kayu Agung untuk mengecek kesiapan dan fasilitas tempat istirahat serta progres pembangunan jalur yang masih fungsional,” kata Rini Soemarno, di Kalianda, Lampung Selatan. Jumat.

Menurut Rini, terkait fasilitas, Hutama Karya telah bersinergi dengan Himbara dan Pertamina untuk menyediakan mobile ATM, UMKM binaan dan tempat pengisian BBM.

“Seperti di tempat istirahat KM 33 dan KM 215 yang kita tinjau hari ini, saya lihat sudah siap semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pemudik seperti makanan, minuman, BBM, dan lain-lain,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni - Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran minggu depan.

“Jalan tol ini sangat memudahkan para pemudik dari Jakarta ke Palembang ataupun sebaliknya karena selain lebih aman, waktu tempuh pun dapat dipangkas hingga separuhnya. Dari Lampung – Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 - 5 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 - 100 KM/jam dan lalu lintas lancar,” kata Rini di sela-sela peninjauan.

Di lain pihak, Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menjamin keamanan para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung karena rambu-rambu dan lampu penerangan jalan sudah dipasang dengan cukup, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan. Sarana pelayanan lalu lintas juga telah dipersiapkan dengan prima di setiap ruas.

“Kami telah menyiapkan total 18 mobil patroli, 26 mobil derek, 10 mobil ambulans, 6 mobil rescue dan 14 mobil PJR yang siap memastikan keamanan dan keselamatan para pemudik,” kata dia.

Demi memaksimalkan pelayanan, Hutama Karya juga membuka nomor call center pada 0721-5618009 dan Whatsapp di 0811 791 0812 untuk Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar. Sementara untuk Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, para pemudik dapat menghubungi nomor 0813 2900 0020 untuk call center dan Whatsapp.

Selain itu, semua informasi mengenai jalan tol seperti tarif, situasi lalu lintas terkini hingga lokasi tempat istirahat dapat diakses melalui media sosial Instagram dan Twitter dengan akun @hk_tollbakter untuk Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar dan @hk_tol_terpeka untuk Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Baca juga: Dirut HK: JTTS lebih murah dibandingkan tol di Jawa
Baca juga: Menteri BUMN pastikan Tol Trans Sumatera siap layani mudik Lebaran

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir FS
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019