pemberangkatan harus sesuai kuota, utamanya keselamatan pelayaran
Kendari (ANTARA) - PT Pelindo IV Kendari, Sulawesi Tenggara kewalahan melayani permintaan fasilitas mudik gratis antarwilayah menyambut perayaan Idul Fitri 1440 H/2019.

General Manager PT Pelindo IV Kendari Debby Duakaju di Kendari, Jumat, mengatakan kuota mudik gratis antardaerah dalam wilayah Sultra sebanyak 350 kursi.

"Pendaftaran mudik gratis dibuka sejak Senin (21/5) tetapi memasuki hari kedua peminat sudah mencapai 478 orang atau melampaui kuota 350 orang. Minat mudik lebaran cukup tinggi," kata Debby.

Distribusi kuota mudik gratis sebagaimana diatur, yakni tujuan Kendari-Raha ada 150 orang, Kendari-Baubau 152 orang, Kendari - Wanci 32 orang dan Kendari-Ereke 16 orang.

Tujuan Kendari ke Raha dan Baubau menggunakan kapal Express Cantika dan Prisila serta KM Sangiang. Sedangkan kapal tujuan Ereke dan Wanci menggunakan KM Aksar Saputra dan Agil.

“Sudah diduga bahwa peminat mudik gratis cukup tinggi namun pemberangkatan harus sesuai kuota dengan berbagai pertimbangan, utamanya keselamatan pelayaran," katanya.

Ia mengakui cukup rumit menyeleksi calon peminat mudik gratis karena seluruh penumpang pulang kampung untuk silaturahmi dengan keluarga.

"Dari sisi kemanusiaan sangat berat untuk mengeliminir calon penumpang yang sudah terdaftar. Tetapi tidak mungkin diberangkatkan melebihi kapasitas angkut kapal karena beresiko dalam pelayaran. Pelindo memohon pengertian calon penumpang," ujarnya.

Pelindo menjadwalkan pelepasan keberangkatan pemudik secara serentak tanggal 29 Mei 2019 mendatang dengan jadwal pemberangkatan pagi, siang dan malam hari.


Baca juga: Pelindo IV targetkan 3.000 pemudik gratis Lebaran 2019
Baca juga: PT Pelni gelar mudik gratis
 

Pewarta: Sarjono
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019