New York (ANTARA) - Saham-saham pada bursa Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada hari Jumat, bangkit dari penurunan sesi sebelumnya, karena pasar modal menyalakan kembali harapan untuk de-eskalasi ketegangan perdagangan global.

Tak lama setelah bel pembukaan perdagangan, Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 158,85 poin atau 0,62 persen menjadi 25.649,32.

Indeks S&P 500 naik 17,76 poin atau 0,63 persen menjadi dibuka pada angka 2.840,00, diikuti kenaikan Indeks Komposit Nasdaq sebesar 58,68 poin atau 0,77 persen menjadi 7.686,96.

Saham perusahaan manufaktur pesawat terbang AS, Boeing, naik 2,9 persen tak lama setelah pembukaan, diikuti saham Caterpillar yang sensitif terhadap perdagangan juga menguat.

Sepuluh dari 11 sektor utama pada Indeks S&P 500 diperdagangkan lebih tinggi, dengan teknologi naik lebih dari 0,7 persen, melampaui yang lainnya. Sedangkan saham barang-barang konsumen turun 0,14 persen, satu-satunya penurunan di antara kelompok di indeks tersebut.

Sementara itu saham raksasa teknologi AS atau kelompok FAANG dari Facebook, Apple, Amazon, Netflix, dan Google-perusahaan induk Alphabet, semuanya diperdagangkan dengan nada optimis.

Ekuitas AS sempat jatuh pada hari Kamis di tengah lonjakan aksi jual di saham teknologi dan energi.


Baca juga: Wall Street perpanjang penurunan di tengah kegelisahan perdagangan
Baca juga: Wall Street ditutup jatuh di tengah risalah The Fed

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019