counter

DPRD ingatkan pemda jaga stabilitas harga sembako

DPRD ingatkan pemda jaga stabilitas harga sembako

Kondisi pasar sembilan bahan pokok di Kabupaten Kotabaru. (Antaranews Kalsel/ist/ohi)

Kami mengharapkan kepada pemerintah daerah, melalui SOPD yang menjadi leading sector dalam pengendalian harga pangan di Kota baru
Kotabaru (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengingatkan pemerintah daerah setempat melalui Satuan Organisasi Pemerintah Daerah terkait, agar aktif menjaga stabilitas perekonomian, khususnya fluktuasi harga pangan menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Muhammad Arif, Sabtu, mengatakan, seperti biasanya di sejumlah daerah, momentum Ramadhan apalagi menjelang hari raya terjadi lonjakan harga pangan, khususnya bahan-bahan pokok yang diperlukan masyarakat.

"Kami mengharapkan kepada pemerintah daerah, melalui SOPD yang menjadi leading sector dalam pengendalian harga pangan di Kota baru, khususnya momentum menjelang Idul fitri saat ini," kata Arif.

Hal ini penting diantisipasi sejak dini, karena lanjut dia, tidak menutup kemungkinan kondisi seperti ini akan dimanfaatkan oknum-oknum pedagang tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan lebih yang tidak mempertimbangkan kemampuan masyarakat.

Terlebih masalah ekonomi menurut politisi Partai PPP itu, merupakan sesuatu yang sangat sensitif bagi masyarakat, terlebih di tengah kondisi perekonomian yang relatif belum benar-benar stabil.

Dikatakannya, langkah antisipatif jauh lebih baik dari pada harus menanggulangi masalah, karena jika permasalahan yang menyangkut ekonomi masyarakat tidak dikendalikan, dikhawatirkan akan memicu gejolak yang tidak diinginkan.

Karena sudah menjadi sesuatu yang lazim terjadi, pada saat tertentu terkait dengan hari-hari besar khususnya bagi umat muslim, seperti puasa Ramadhan, hari raya Idul fitri dan Idul adha, berdampak pada fluktuasinya harga pangan.

Hal itu disebabkan adanya perubahan antara penawaran dan permintaan terhadap sejumlah komoditas bahan pangan.

Sehubungan dengan akan tibanya perayaan Idul Fitri 1440 H yang sebentar lagi, hendaknya pemerintah daerah sudah mengambil langkah-langkah antisipasi dalam upaya pengendalian dan stabilitas harga pangan.

"Mengenai teknisnya, SOPD bisa membuat kebijakan-kebijakan yang tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi," jelas Arif.

Karena semua pihak menghendaki agar pelaksanaan perayaan umat Muslim di Bumi Saijaan ini berjalan tenang, damai dan khusu'. 

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah siapkah langkah hadapi kemungkinan lonjakan harga

Komentar