counter

Tanah Datar siagakan alat berat di titik jalan rawan longsor

Tanah Datar siagakan alat berat di titik jalan rawan longsor

Alat berat membersihkan longsoran tanah yang menutupi badan jalan. (Antara)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyiagakan sejumlah alat berat di beberapa titik jalan rawan longsor di daerah setempat guna memastikan kelancaran arus mudik 2019.

"Menyambut arus mudik berbagai persiapan telah kita lakukan, salah satunya dengan memetakan kawasan rawan bencana dengan menyiagakan alat berat di titik yang selama ini menjadi kawasan rawan bencana," kata Kabid Bina Marga, Dinas PU Tanah Datar Ronny Elisman di Batusangkar, Sabtu.

Ia mengatakan hampir seluruh daerah di Tanah Datar memiliki potensi longsor. Namun yang biasa menjadi langganan berada di jalan Lintau Buo menuju Batusangkar melewati puncak Pato.

Namun pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan kepolisian setempat untuk mengamankan jalan tersebut dan menyiagakan alat berat di kawasan itu.

Sementara untuk jalan provinsi di jalan penghubung Tanah Datar-Payakumbuh yang masih banyak berlubang dan rusak pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas PU provinsi dan sudah masuk ke tahap perbaikan jalan.

Ia menargetkan jalan itu telah selesai pengerjaannya menjelang arus mudik Lebaran. Selain itu dinas PU provinsi juga akan menyediakan alat berat di lokasi tersebut tepatnya di jalan penghubung Batusangkar-Bukittinggi, dan Batusangkar-Payakumbuh.

"Kita menargetkan jalan provinsi tersebut sudah selesai pengerjaannya jelang H-7 Lebaran, dan satu alat berat dari dinas PU provinsi disiagakan di jalan penghubung tersebut," ujarnya.

Sementara Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan pihaknya beserta dinas terkait akan menyiagakan dua unit alat berat guna memberikan kenyamanan bagi pemudik Lebaran tahun ini.

"Kita telah berkoordinasi dengan Dinas PU dan BPBD setempat dan mereka akan siaga 24 jam dengan menyiapkan fasilitas berupa alat berat," katanya.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan di beberapa titik di daerah itu, khususnya di Kota Batusangkar dan objek wisata.

Karena Tanah Datar adalah salah satu daerah yang dilalui pemudik dan menjadi tujuan wisata saat libur Lebaran sehingga sering terjadi kemacetan.

Menurutnya beberapa titik kemacetan di wilayah hukum Polres Tanah Datar diprediksi akan terjadi di Istano Basa Pagaruyung, Pasar Batusangkar dan di rumah makan.

"Untuk Istano Basa Pagaruyung akan dijadikan satu arah. Untuk restoran kami mengimbau untuk lebih tertib dalam penempatan kendaraan yang parkir," kata dia. ***3***

Pelindo III Berkomitmen Gunakan Crane Produk Lokal

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar