Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyerahkan bantuan senilai Rp1,7 miliar lebih kepada 4.360 orang fakir miskin di daerah itu.

"Total zakat yang disalurkan sebesar Rp1.744.000.000. Mudah-mudahan bermanfaat," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Hendrizal saat penyerahan zakat kepada 600 orang di Kecamatan Ranah Batahan, Sabtu.

Ia mengatakan seluruh kejorongan yang ada mendapat kuota sebanyak 20 orang per "kejorongan" (kelurahan) dengan masing-masing memperoleh Rp 400.000 per orang

Menurut dia, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya selama empat tahun terakhir oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Pasaman Barat. Dana yang diserahkan merupakan zakat dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pasamab Barat.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun. Begitu juga untuk bantuan sosial lainnya seperti bantuan biaya berobat bagi masyarakat kurang mampu, beasiswa pelajar dan bantuan modal usaha," ujarnya.

Sementara Ketua Baznas Pasaman Barat, Fakhrizal mengimbau kepada seluruh penerima zakat untuk mensyukuri dana yang diterima.

Ia mengataka penerima zakat tahun ini secara data berbeda dengan penerima zakat tahun sebelumnya.

Bagi yang sudah menerima zakat pada tahun 2018 lalu, tidak diberikan lagi pada tahun 2019 ini. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerataan.

"Kami mengimbau kepada seluruh penerima zakat tahun ini untuk terus berupaya meningkatkan perekonomian di masa mendatang, sehingga lebih sejahtera dan keluar dari kategori keluarga kurang mampu," ajaknya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019