Balap Sepeda

Ayustina pebalap ASEAN ketiga terbaik Tour of Trat

Ayustina pebalap ASEAN ketiga terbaik Tour of Trat

Pebalap Indonesia Ayustina Delia Priatna (kostum merah tengah) adu sprint menjelang finis etape dua Tour of Trat 2019 di Thailand, Sabtu (25/5/2019). Paba balapan tersebut Ayustina sukses menjadi pebalap ASEAN ketiga terbaik. ANTARA/PB ISSI/pri

Jakarta (ANTARA) - Pebalap road race putri Indonesia Ayustina Delia Priatna menjadi pebalap ASEAN ketiga terbaik pada kejuaraan internasional Tour of Trat 2019 di Thailand setelah menyelesaikan etape dua dari Trat City Hall-Bo Rai District-Trat City Hall, Sabtu.

Pada etape dua yang menempuh jarak 92,6 km, menurut manajer timnas balap sepeda Indonesia Budi Saputra, pebalap asal Jawa Barat ini mampu berada di posisi lima dengan catatan waktu dua jam 24 menit 32 detik atau sama dengan sang juara asal Jepang, Kajihara Yumi.

Dengan hasil tersebut, pada klasemen umum pebalap yang akrab dipanggil Ayu ini berada di posisi delapan dengan catatan waktu empat jam 22 menit 22 detik atau posisi tiga untuk pebalap ASEAN terbaik di bawah dua pebalap tuan rumah Thailand Jutatip Maneephan dengan waktu empat jam 22 menit 02 detik dan Supaksorn Nuntana dengan waktu empat jam 22 menit 22 detik.

Untuk posisi pebalap terbaik atau juara Tour of Trat 2019 direbut oleh Kajihara Yumi yang merupakan pebalap dari Japan National Team dengan total catatan waktu empat jam 21 menit 59 detik.

"Ayu terus mengalami peningkatan. Pada etape pertama dia hanya finis diurutan 10, tapi pada etape dua sudah masuk lima besar. Catatan waktunya juga sama dengan pebalap di atasnya," kata Budi Saputra saat dikonfirmasi.

Selain menempatkan Ayustian Delia Priatna di posisi tiga pebalap ASEAN terbaik, tim Indonesia juga cukup beruntung dengan meraih posisi dua untuk kategori tim ASEAN terbaik dengan total catatan waktu 13 jam 7 menit 26 detik di bawah Thailand Womens Cycling Team dengan 13 jam 7 menit 12 detik.

Timnas balap sepeda Indonesia sendiri pada kejuaraan yang dilakukan dalam rangka ulang tahun federasi balap sepeda Thailand itu diperkuat oleh Ayustina Delia Priatna, Noviana yang merupakan pebalap dari tim XCO serta tiga pebalap muda yang baru saja naik kelas ke tim elite, Anindya Pinasih, Nanda Eka Rosita dan Chika Zerra Arta.

"Untuk tour memang hanya dua etape saja. Tapi besok masih ada balapan. One day race di tempat yang sama dengan jarak tempuh sekitar 93 km," kata pelatih kepala timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo.

Sebelumnya, manajer timnas balap sepeda Indonesia Budi Saputra memang berharap pebalap yang diturunkan tampil apik mengingat kejuaraan ini juga untuk mengumpulkan poin Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Balapan sendiri diikuti pebalap dari Jepang, Korea hingga Rusia.

Selain itu, kejuaraan yang berlangsung tiga etape ini juga digunakan untuk memantau perkembangan pebalap yang disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Baca juga: Ayustina tembus 10 besar etape pertama Tour of Trat

Baca juga: Ayustina pimpin timnas di Tour of Trat di Thailand

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dukung PON XX, PB-ISSI gelar touring sepanjang 2020 KM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar