counter

Bola Basket

Langkah Indonesia terhenti di Pool D Piala Asia 3x3 2019

Langkah Indonesia terhenti di Pool D Piala Asia 3x3 2019

Pemain tim nasional bola basket 3x3 putra Indonesia Reza Guntara (tengah) berusaha menggiring bola menembus penjagaan ketat penggawa Chinese Taipei Yun-hao Chu (kanan) dalam laga penyisihan Pool D Piala Asia 3x3 2019 di Changsha, China, Sabtu (25/5/2019). (www.fiba.basketball)

Jakarta (ANTARA) - Langkah tim nasional bola basket 3x3 putra Indonesia terhenti di putaran final Pool D Piala Asia 3x3 2019 setelah menelan kekalahan 14-17 melawan Kazakhstan dalam pertandingan kedua di Changsha, China, Sabtu petang.

Hasil itu membuat Indonesia menumpuk dua kekalahan dan berakhir sebagai juru kunci Pool D, sementara Kazakhstan lolos ke perempat final bersama Chinese Taipei yang sebelumnya juga mengalahkan Indonesia 21-20.

Kegagalan menjaga konsentrasi permainan yang membuat tim besutan Ali Budimansyah menelan kekalahan dari Taipei, kembali terjadi di laga kontra Kazakhstan.

Danny Ray sempat membawa Indonesia unggul 8-4 atas Kazakhstan lewat dua tembakannya di sisa waktu lima menit 19 detik.

Namun, kemudian keunggulan empat poin itu terhapus begitu saja kurang dari semenit kemudian ketika Denis Degtyarev melesakkan tembakan dua angka untuk Kazakhstan.

Reza Guntara kembali membawa Indonesia memimpin 10-8 ketika melesakkan layup dan memperoleh satu lemparan bebas di sisa waktu empat menit 19 detik, yang sayangnya kembali gagal dipertahankan.

Lewat dua tembakan dua angka beruntun dari Degtyarev dan Vladimir Kurokichin, Kazakhstan berhasil berbalik unggul 13-10 atas Indonesia pada sisa waktu tiga menit 18 detik.

Keunggulan itu terus diperlebar menjadi 16-10 lewat dua tembakan dua angkan beruntun dari Ruslan Aitkali pada sisa waktu satu menit 49 detik.

Baca juga: Indonesia telan kekalahan 20-21 dari Taipei di gim pertama

Indonesia berjibaku mengejar, poin dari Reza diikuti tiga poin milik Kevin Yonas Argadiba Sitorus sempat membawa mereka mendekat 14-16 pada sisa waktu satu menit 17 detik.

Kazakhstan memilih untuk mengetatkan lini pertahanan sembari menyaksikan percobaan tembakan dua angka para pemain Indonesia selalu gagal dan berkat tambahan satu poin dari Aikali mereka sukses menutup 10 menit waktu pertandingan dengan kemenangan 17-14 atas Indonesia.

Kazakhstan lolos sebagai juara Pool D setelah sebelumnya di laga pertama mereka juga menang 21-19 atas Taipei.

Kazakhstan akan menghadapi runner-up Pool B dan Taipei melawan juara Pool B di perempat final, sementara kontingen Indonesia pulang ke Tanah Air lebih awal, gagal memenuhi target masuk empat besar.

Indonesia mengikuti Piala Asia 3x3 2019 sebagai persiapan menyongsong SEA Games 2019 di Filipina, akhir November mendatang.

Baca juga: Tiba di China, timnas 3x3 putra bidik empat besar Piala Asia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar