counter

Piala Raja

Valencia jungkalkan Barcelona dan angkat trofi Piala Raja

Valencia jungkalkan Barcelona dan angkat trofi Piala Raja

Penyerang Valencia Kevin Gameiro merayakan golnya ke gawang Barcelona dalam partai final Piala Raja di Stadion Benito Villamari, Sevilla, Spanyol, Sabtu (25/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Jon Nazca)

Jakarta (ANTARA) - Valencia berhasil menjungkalkan Barcelona demi mengangkat trofi Piala Raja 2018/2019 usai menang 2-1 dalam partai final di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol, Minggu dini hari WIB.

Dua gol yang dicetak Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno cuma bisa dibalas Barcelona lewat sang megabintang Lionel Messi, demikian catatan laman resmi federasi sepak bola Spanyol RFEF.

Valencia mengangkat trofi Piala Raja kedelapan mereka sekaligus memupus ambisi Barcelona untuk memecahkan rekor menjuarai kompetisi itu lima musim beruntun.

Tim besutan Marcelino Garcia Toral tak ragu untuk tampil menekan pertahanan Barcelona sejak tendangan mula, namun Rodrigo membuang sia-sia kesempatan emas yang ia miliki usai memperdaya kiper Jasper Cillessen namun tembakannya dihalau oleh Gerard Pique tepat di garis gawang.

Messi hampir membawa Barcelona unggul, namun tembakan datarnya berhasil dihalau Gabriel Paulista dan hanya berujung sepak pojok pada menit ke-18.

Pada menit ke-21, Gameiro sukses membuka keunggulan Valencia ketika ia dengan dingin menyambut umpan tarik Jose Gaya dan mengoyak gawang Cillessen.

Tak ada peluang berbahaya upaya balasan dari Barcelona dan Valencia malah menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-33 ketika Rodrigo kali ini tanpa cela menanduk umpan silang Carlos Soler demi mengubah skor menjadi 2-0.

Tepat di pengujung babak pertama, kiper Jaume Domenech sukses melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Messi dan bola muntah yang disambar Ivan Rakitic masih cukup jinak untuk diamankan Domenech selanjutnya.

Baca juga: 11 tahun absen, Valencia kembali berlaga di final Piala Raja

Ketinggalan dua gol memaksa Ernesto Valverde melakukan pergantian ganda di awal babak kedua. Malcom menggantikan Nelson Semedo dan Arturo Vidal untuk Arthur.

Ironisnya, empat menit memasuki babak kedua gawang Barca malah kembali terancam ketika Goncalo Guedes menyelesaikan umpan satu dua sentuhan bersama Rodrigo, yang sayangnya masih melenceng dari gawang.

Pada menit ke-57, Messi kembali memperoleh peluang dan kali ini sudah berhasil memperdaya Domenech, namun bola tembakan ungkitnya ditolak tiang gawang.

Pique juga memperoleh peluang pada menit ke-71, namun upaya tendangan sentuhan pertamanya menyambut umpan Malcom masih melenceng dari sasaran.

Baru pada menit ke-73 Barcelona bisa mencetak gol, tentunya dari kaki Sang Messiah. Messi berada di posisi yang tepat untuk menyontek bola penyelamatan tak sempurna Domenech atas sundulan Clement Lenglet.

Sayangnya, tak ada momentum kebangkitan bagi Barcelona, Valencia justru hampir membunuh laga lebih awal ketika Guedes memperoleh dua peluang di masa injury time, yang sayangnya tak berbuah gol.

Pun demikian, Guedes dkk tetap berhak mengangkat trofi Piala Raja, ketika peluit tanda laga usai berbunyi dan angka di papan skor memperlihatkan Valencia dua Barcelona satu.

Hasil itu bukan tak mungkin bakal mempengaruhi nasib Valverde dan kursi pelatih Barcelona.

Baca juga: Valverde pastikan tak ada kesepakatan soal Griezmann sebelum final

Baca juga: Lionel Messi akhirnya buka suara tentang kekalahan dari Liverpool

Susunan pemain kedua tim:

Barcelona (4-4-2): Jasper Cillessen; Nelson Semedo (Malcom), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Carles Alena); Sergi Roberto, Lionel Messi, Philippe Coutinho
Pelatih: Ernesto Valverde

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Carlos Soler, Dani Parejo (Geoffrey Kondogbia), Francis Coquelin, Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno (Mouctar Diakhaby), Kevin Gameiro (Cristiano Piccini)
Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar