counter

Piala Raja

Valverde di ujung tanduk

Valverde di ujung tanduk

Ekspresi pelatih Barcelona Ernesto Valverde saat mendampingi timnya menghadapi Valencia dalam laga final Piala Raja di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol, Sabtu (25/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Marcelo del Pozo)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, hampir bisa dipastikan nasibnya berada di ujung tanduk setelah gagal mengantarkan trofi Piala Raja 2018/2019 karena dipecundangi Valencia 1-2 di partai final, Minggu dini hari WIB.

Kekalahan di Benito Villamarin, melengkapi kegagalan Valverde mengantarkan Barcelona ke final Liga Champions karena disingkirkan Liverpool setelah gagal menjaga keunggulan agregat tiga gol.

Valverde memang membawa gelar juara Liga Spanyol ke Nou Camp, namun bukan tidak mungkin hal itu tak cukup bagi manajemen Barcelona untuk menjamin keamanan posisinya.

Baca juga: Valencia jungkalkan Barcelona dan angkat trofi Piala Raja

Bek Barcelona, Gerard Pique, bahkan mengaku tak urun pikiran atas nasib sang pelatih, ia lebih memilih mengajak rekan-rekannya melakukan kontemplasi atas penampilan musim ini.

"Kami tidak memikirkan nasib pelatih, yang harus kami lakukan adalah menganalisis diri kami sendiri dan terus berusaha meningkatkan kemampuan," kata Pique dalam komentar purnalaga dilansir Reuters.

"Keputusan lain (soal pelatih) bukan di tangan kami, namun sudah berkali-kali kami katakan mendukung ia bertahan," ujarnya melengkapi.

Sebelumnya, rekomendasi untuk mempertahankan Valverde juga disuarakan oleh Lionel Messi dalam jumpa pers pralaga final Piala Raja.

Baca juga: Usai juarai La Liga, Barcelona terperosok lewati pekan-pekan terpahit

Pihak manajemen juga sejauh ini masih belum memberikan sinyal berbahaya, namun hal yang sama juga sempat terjadi bagi Max Allegri di Juventus.

Allegri sempat mengumumkan kesepakatan bersama manajemen bahwa ia akan tetap melatih Si Nyonya Tua musim depan, sesaat setelah tersingkir dari Liga Champions, namun beberapa pekan berselang keadaan berbalik 180 derajat dan ia dipastikan hengkang.

Valverde, sejauh ini mempersembahkan tiga trofi bagi Barcelona yakni Liga Spanyol 2017/2018 dan 2018/2019 serta Piala Raja 2017/2018.

Raihan-raihan tersebut, bagi sementara suporter Barcelona garis keras dianggap tak lain dan tak bukan karena faktor Messi semata dan hanya sedikit sumbangsih Valverde.

Di linimasa media sosial Twitter, tagar #ValverdeOUT sudah menggema sejak babak pertama Piala Raja berlangsung Minggu dini hari WIB ketika Barcelona tertinggal 0-2 dari Valencia.

Baca juga: Messi ingin Valverde terus di Barcelona

Baca juga: Valverde menuai kritik, Bartomeu justru membela

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar