Jakarta (ANTARA) - Aktor Antonio Banderas menjadi aktor terbaik dalam festival film Cannes 2019 untuk aktingnya dalam film "Pain and Glory Pedro Almodovar".

Sementara itu, Emily Beecham meraih penghargaan aktris terbaik melalui film "Little Joe" dalam acara yang puncaknya berlangsung pada Sabtu (25/5) di Palais des Festivals et des Congrès, Cannes, Prancis itu.

Beecham menjadi aktor Inggris lainnya yang memenangkan penghargaan kategori ini setelah Kathy Burke melalui film "Nil by Mouth" karya Gary Oldman pada tahun 1997.

Dalam konferensi pers setelah upacara penghargaan, Banderas mengatakan kemenangannya kabar baik bagi ahli jantungnya. Dia juga berterima kasih kepada Almódovar, sutradara Pain and Glory.

"Penghargaan ini untuk karakter yang kumainkan, dan itu adalah alter-ego dari Pedro Almódovar. Aku berterima kasih padanya selama bertahun-tahun," kata dia.

Di sisi lain, Beecham mengaku mendapatkan firasat soal kemenangannya ini. Dia mengungkapkan kewalahan memerankan karakter Jessica Hausner dalam film "Little Joe".

"Aku punya semacam firasat pagi ini karena mendapat telepon dari produser [Little Joe]. Aku harus memasukkan barang-barangku di ransel dan naik pesawat," tutur dia.

Baca juga: Film Korea Selatan "Parasite" raih Palme d'Or Cannes 2019

Baca juga: Film garapan Quentin Tarantino dapat tepuk tangan panjang di Cannes

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019