counter

Playoff NBA

Raptors singkirkan Bucks 4-2, ke final hadapi Warriors

Raptors singkirkan Bucks 4-2, ke final hadapi Warriors

Pemain Toronto Raptors Serge Ibaka (tengah) dan Pascal Siakam (kanan) melakukan penjagaan ganda terhadap bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo (kiri) dalam gim keenam final Wilayah Timur NBA di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, Sabtu (25/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/John E. Sokolowski)

Jakarta (ANTARA) - Toronto Raptors berhasil menyingkirkan Milwaukee Bucks dengan skor 4-2 di rangkaian final Wilayah Timur NBA usai menang dalam gim keenam di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, Minggu WIB, demi melangkah ke partai final NBA menghadapi Golden State Warriors.

Raptors untuk pertama kalinya mencapai final sejak tim itu didirikan pada 1995 silam sebagai pengembangan liga, demikian catatan laman resmi NBA.

Penampilan kolektif Raptors jadi kunci kemenangan dipimpin Kawhi Leonard yang membukukan dwiganda 27 poin dan 17 rebound dilengkapi tujuh assist.

Pascal Siakam mengikuti dengan 18 poin, Kyle Lowry mencetak 17 poin, sedangkan Fred VanVleet menyumbangkan 14 poin dalam kemenangan tersebut.

Sementara bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo, banyak terkunci pergerakannya sepanjang laga dan "cuma" berakhir dengan raihan dwiganda 21 poin dan 11 rebound.

Brook Lopez menyusul dengan 18 poin dan sembilan rebound, Khris Middleton 14 poin, Ersan Ilyasova 13 poin serta masing-masing 10 poin dari Malcolm Brogdon George Hill.

Baca juga: Raptors berbalik ungguli Bucks 3-2

Bucks yang dibebani tuntutan wajib menang jika ingin menjaga asa lolos ke final, tampil begitu klinis di kuarter pertama dan unggul jauh 31-18 berkat keberhasilan melesakkan enam dari sembilan percobaan tembakan tripoin.

Sayangnya efisiensi tripoin Bucks menurun drastis di kuarter kedua, di mana mereka cuma berhasil melesakkan tiga dari sembilan percobaan tripoin. Berbarengan dengan itu Raptors bangkit dan melejit demi memangkas jarak menjadi dua poin dala kedudukan 44-46 pada sisa waktu satu menit kuarter kedua.

Beruntung bagi Bucks, mereka tetap bisa menutup paruh pertama pertandingan dalam keadaan ungggul 50-44 berkat tambahan tripoin dari Bledsoe dan satu lemparan bebas Antetokounmpo.

Bucks sempat menemukan ritme permainan terbaik mereka lagi ketika memperlebar keunggulan menjadi 74-60 pada sisa waktu tiga menit dua detik lewat dua lempara bebas Ilyasova.

Namun, konsentrasi mereka seolah hilang begitu saja dan jarak 14 poin kembali terpangkas menjadi tersisa lima poin saja ketika kuarter ketiga berakhir dengan skor 71-76.

Baca juga: Golden State Warriors ke Final NBA

Raptors mengancam di awal kuarter keempat, menyamakan kedudukan 78-78 lewat dunk Ibaka, berbalik memimpin pertama kalinya sejak kuarter pertama lewat tembakan dua angka Siakam dan terus melaju hingga unggul delapan poin dalam kedudukan 87-79 lewat dunk Leonard pada sisa waktu enam menit 46 detik pertandingan.

Usai jeda, Bucks sempat bangkit dan memangkas ketertinggalan menjadi 86-87 pada sisa waktu lima menit 19 detik lewat tujuh poin tanpa balas, namun Raptors kembali bangkit dan meraup rentetan poin 10-6 untuk unggul 97-92 pada sisa waktu dua menit enam detik.

Dua lemparan bebas Lopez sempat membuat Bucks memperkecil ketertinggalan 94-97 dan memperpanjang nafas pada sisa waktu 29,6 detik, namun bola yang dimiliki Raptors setelahnya memberi keuntungan besar bagi tuan rumah.

Strategi foul berhasil diimplemetntasikan oleh Raptors yang memperoleh empat lemparan bebas di sisa waktu tujuh detik laga dan melesakkan tiga di antaranya untuk meraih kemenangan 100-94.

Raptors melangkah ke partai final NBA perdana mereka dan akan memulai dengan menjamu Warriors di gim pertama pada 30 Mei mendatang.

Baca juga: Durant absen pada awal Final NBA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar