counter

Playoff NBA

Kawhi Leonard panen pujian dari kawan dan lawan

Kawhi Leonard panen pujian dari kawan dan lawan

Bintang Toronto Raptors Kawhi Leonard (kanan) berusaha menggiring bola melewati penjagaan ganda dari pemain Milwaukee Bucks Khris Middleton (kiri) dan Giannis Antetokounmpo (tengah) dalam gim keenam final Wilayah Timur NBA di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, Sabtu (25/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/USA TODAY Sports/Dan Hamilton)

Jakarta (ANTARA) - Bintang Toronto Raptors panen pujian dari kawan maupun lawannya atas peran besarnya mengantarkan tim asal Kanada itu menjadi juara Wilayah Timur dan mencapai partai final NBA pertama mereka.

Leonard kembali menjadi penampil terbaik ketika Raptors mengalahkan Milwaukee Bucks 100-94 dalam gim keenam final Timur dengan catatan dwiganda 27 poin dan 17 rebound dilengkapi tujuh assist di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, Minggu WIB.

"Kawhi, saya tidak tahu berapa banyak pujian lagi yang bisa saya lontarkan tentang dia," aku pelatih Raptors Nick Nurse dalam jumpa pers purnalaga dilansir NBATV.

Hasrat seorang pesaing, menjadi sorotan utama Nurse atas berbagai kualitas yang mengiringi Leonard yang didatangkan dari San Antonio Spurs pada musim panas lalu lewat skema pertukaran dengan mengorbankan DeMart DeRozan tersebut.

"Ia pemain yang sangat baik, sarat mental pesaing luar biasa. Ia mau bekerja keras agar bisa menang, berjibaku untuk mengamankan rebound-rebound itu," kata Nurse.

"Ia berusaha melakukan tembakan-tembakan sulit, mengawal ketat pemain lawan dan merebut bola dari mereka. Itulah dia, sarat hasrat pesaing," ujar Nurse menambahkan.

Baca juga: Raptors singkirkan Bucks 4-2, ke final hadapi Warriors

Pujian juga datang dari bintang Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo, yang dalam empat gim terakhir kerap kesulitan bergerak dikawal Leonard dan sebaliknya kewalahan ketika mengawal pergerakan Leonard.

"Anda bisa melihat dari cara dia bermain, bukan cuma musim ini, tapi dari musim-musim sebelumnya. Dari cara ia bermain, Anda bisa merasakan gairah yang begitu besar," kata Antetokounmpo.

"Ia tahu apa yang ingin dilakukan, sarat kepercayaan diri dan jelas punya pengalaman lebih di panggung final wilayah," ujarnya menambahkan.

"Tapi yang jelas dia bermain sangat baik dan melakukan segalanya untuk membantu timnya, ia pemain yang sangat sulit kami jaga," pungkas legiun Yunani tersebut.

Baca juga: Jadwal rangkaian final Raptors vs Warriors

Leonard bakal mencapai partai final NBA ketiganya, ia sempat tampil di edisi 2013 dan 2014 bersama Spurs. Pada edisi 2014 ia membawa pulang trofi Larry O'Brien ke markas Spurs sembari mengantongi gelar sebagai Pemain Terbaik (MVP) Final NBA.

Pengalaman panggung tertinggi Leonard dan kebangkitan penampilannya di musim ini tentu bakal menjadi modal penting bagi Raptors untuk mewarnai penampilan final perdana mereka sejak dibentuk pada 1995 silam dengan menjaga harapan sebagai juara.

Baca juga: Takluk di final Timur, Bucks yakin perjalanan baru dimulai

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar