Kami optimistis dengan penambahan lima loket itu tidak terjadi penumpukan dan antrean panjang penumpang
Lebak (ANTARA) - Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, melayani lima loket tambahan untuk persiapan angkutan Lebaran 2019 guna mendukung kelancaran arus mudik.

"Kami optimistis dengan penambahan lima loket itu tidak terjadi penumpukan dan antrean panjang penumpang," kata Wakil Kepala Stasiun Rangkasbitung, Ahmad di Lebak, Minggu.

Diperkirakan penumpang yang hendak mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran dipastikan mencapai ribuan orang.

Mereka pemudik akan memadati Stasiun Rangkasbitung mulai H-7 sampai H-1 baik keberangkatan maupun kedatangan.

Oleh karena itu, pengelola Stasiun Rangkasbitung berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, di antaranya penambahan lima loket penjualan tiket.

"Kami menjamin angkutan Lebaran tahun ini relatif aman dan lancar," katanya. 

Menurut dia, lima loket penambahan itu di antaranya empat loket melayani pemudik yang menggunakan jasa angkutan Commuterline jurusan Rangkasbitung-Parungpanang-Serpong-Sudimara-Kebayoran-Palmerah dan Tanah Abang.

Sedangkan, satu loket melayani KA Lokal jurusan Rangkasbitung-Catang-Serang-Cilegon-Merak.

Mereka petugas yang melayani penjualan tiket bekerja keras untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar berjalan lancar.

Pengalaman angkutan Lebaran tahun lalu, kata dia, lima loket penambahan itu dapat mengurangi antrean panjang dan penumpukan penumpang.

"Kami berharap penumpang pemudik tertib dan tidak saling berdesakan saat membeli tiket," katanya.

Ia mengatakan, selama ini, angkutan kereta api menjadikan primadona masyarakat, selain tiket murah juga terjamin keselamatan dan kedatangan serta keberangkatan tepat waktu.

Tarif angkutan Commuterline Rangkasbitung-Tanah Abang hanya Rp8.000/orang dan tiket KA Lokal Rangkasbitung-Merak Rp3.000/orang.

"Saya kira tiket angkutan itu cukup murah dibandingkan angkutan umum," ujarnya.

Sementara itu, Yono, seorang penumpang mengatakan bahwa dirinya lebih awal mudik Lebaran ke kampung halaman di Jawa Tengah.

Ia membeli tiket Commuterline Rangkasbitung-Tanah Abang,Jakarta untuk melanjutkan perjalanan melalui Stasiun Senen.

"Kami lebih senang mudik menggunakan jasa angkutan kereta api karena merasa nyaman dan tenang juga tiketnya terjangkau," kata Yono saat ditemui di Stasiun Rangkasbitung.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019