Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta 2019 berupaya menggenjot jumlah pengunjung pada hari kerja dengan memberikan harga tiket yang lebih murah dibandingkan akhir pekan.

"Bahkan, di hari senin pun tiket kami yang termurah. Istilahnya cheap monday day," kata Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann, di sela PRJ 2019, Jakarta, Minggu malam.

Untuk harga tiket, hari Senin sebesar Rp30.000 per orang, kemudian Selasa-Kamis sebesar Rp35.000 per orang, sementara Jumat-Minggu dikenai tiket Rp40.000 per orang.

Ralph mengakui tingkat kunjungan pada akhir pekan memang tinggi, seperti terlihat pada akhir pekan pertama sejak dibuka pada 22 Mei 2019.

"Kemarin (25/5) pun jumlah pengunjung sudah melebihi 120.000 (orang). Hanya kemarin saja, malam minggu. Saya rasa hari ini angkanya pun akan sama, ya," katanya.

Apalagi, pengunjung pada hari Minggu terbagi atas dua, yakni mereka yang datang pada pagi sampai sore hari, dan mereka yang datang pada malam hari.

"Memang masyarakat Indonesia kan paling suka pergi weekend, ya. Dari panitia selalu berusaha supaya masyarakat lebih banyak datang ke weekday," katanya.

Meskipun demikian, Ralph bersyukur karena tingkat kunjungan masyarakat ke ajang tahunan untuk memperingati hari ulang tahun DKI Jakarta itu sudah kembali normal.

"Kita lihat sebetulnya jumlah pengunjung dimulai dari hari Jumat, Sabtu, Minggu sudah memperlihatkan jumlah yang bagus. Bisa dikatakan sudah kembali ke normal," katanya.

Walaupun sempat terjadi aksi demonstrasi yang menimbulkan kericuhan, ia mengatakan para pengunjung tetap berdatangan ke Jakarta Fair 2019, dan semakin hari kian meningkat.

Ralph mengakui pada penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini menargetkan jumlah pengunjung naik 100.000 dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu sebanyak 6,7 juta orang.

"Bagi kami, itu sudah enggak penting. Paling penting, masyarakat yang datang bisa merasa aman dan nyaman. Pesertanya pun bisa berjualan dengan baik karena jumlah pengunjung yang 6,7 (juta) itu sudah luar biasa," kata Ralph.

Jakarta Fair merupakan acara tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi DKI Jakarta pada 22 Juni. Pada tahun ini, ajang tersebut diadakan mulai 22 Mei-30 Juni 2019 di JIExpo Kemayoran.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019