counter

Pasar saham Australia dibuka datar saat sumber daya alam menguat

Pasar saham Australia dibuka datar saat sumber daya alam menguat

ilustrasi foto pasar saham Australia (Foto Istimewa)

Pasar Asia Pasifik terlihat stabil, bergerak positif moderat dari Jumat malam yang membantu mengimbangi kegelisahan perdagangan yang sedang berlangsung.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka datar pada perdagangan Senin pagi dengan sektor sumber daya alam terangkat, sementara saham keuangan dan kebutuhan pokok konsumen membebani.

Pada pukul 10:30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 dibuka turun satu poin atau 0,015 persen pada 6.455,00, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 3,80 poin atau 0,058 persen pada 6.549,40.

"Pasar Asia Pasifik terlihat stabil, bergerak positif moderat dari Jumat malam yang membantu mengimbangi kegelisahan perdagangan yang sedang berlangsung," kata Kepala Analis Pasar CMC Markets Michael McCarthy.

Prospek global yang solid untuk pasar sumber daya alam membantu mengangkat saham lokal, sementara sektor teknologi dan komunikasi juga menguat.

"Pasar minyak dan logam stabil ke positif, sebagian besar karena dolar AS yang lebih lemah," kata McCarthy.

Sementara itu saham kebutuhan pokok konsumen merosot mendekati satu persen dan saham sektor keuangan dan utilitas juga ikut turun.

Pada sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 0,69 persen, ANZ turun 0,55 persen, National Australia Bank turun 0,62 persen dan Westpac Bank turun 0,85 persen.

Sementara itu saham pertambangan menguat dengan Rio Tinto naik 1,43 persen, Fortescue Metals naik 1,52 persen, BHP naik 1,42 persen, dan penambang emas Newcrest naik 0,78 persen.

Saham produsen minyak dan gas negara itu bergerak bervariasi dengan Oil Search turun 2,17 persen, Santos naik 0,07 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,42 persen.

Saham Supermarket terbesar Australia jatuh dengan Coles turun 0,16 persen dan Woolworths turun 1,80 persen.

Namun saham raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,14 persen dan operator penerbangan nasional Qantas turun 0,82 persen dan perusahaan biomedis CSL naik lebih tinggi 0,22 persen.

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar