Pejabat keamanan AS dan Taiwan adakan pertemuan di tengah ketegangan

Pejabat keamanan AS dan Taiwan adakan pertemuan di tengah ketegangan

Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton (REUTERS/Joshua Roberts/File Photo)

Taipeh (ANTARA) - Pejabat senior keamanan nasional dari Amerika Serikat dan Taiwan telah bertemu untuk memperdalam kerja sama, kata pemerintah di Taipeh, suatu pertemuan pertama dalam empat dasawarsa di tengah hubungan tegang antara AS dan China.

Kepala Keamanan Nasional Taiwan David Lee bertemu dengan Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton pada awal Mei, kata Kementerian Urusan Luar Negeri negara pulau tersebut di dalam satu pernyataan pada Sabtu (25/5).

Kantor Berita Sentral Taiwan (CNA) mengatakan pertemuan itu adalah yang pertama sejak pulau tersebut dan Amerika Serikat mengakhiri hubungan diplomatik resmi pada 1979.

China menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang berkhianat, dan akan dipersatukan lagi jika perlu dengan kekerasan, dan pertemuan tersebut diduga akan menambah marah Beijing sementara hubungan China-AS sudah tegang.

Ketegangan diplomatik telah naik dalam beberapa pekan belakangan ini di tengah peningkatan perang dagang, sanksi AS dan pamer kekuatan militer China yang meningkat di Laut China Selatan, tempat Amerika Serikat melakukan patroli kebebasan-pelayaran.

Sumber: Reuters
Baca juga: Trump tanda tangani surat jalan ke Taiwan, pancing kemarahan China
Baca juga: Presiden Taiwan singgah di Honolulu meski China keberatan
Baca juga: China minta Washington larang Presiden Taiwan masuki AS

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkeu sebut nilai rupiah menguat dibanding Maret

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar