Palu (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulteng membuka layanan penukaran uang menjelang Idul Fitri 2019.

Pelayanan penukaran uang berlangsung dua hari mulai 27 – 28 Mei 2019 di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah di Palu, Senin.

BI membuka layanan penukaran uang pecahan antara lain pecahan nominal Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp.20.000, sekaligus menjadi pecahan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Muhammad Hidayat Lamakarate, mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak sembarangan menukar uang.

Gubernur mengimbau agar masyarakat menukarkan uang di tempat resmi yang ditunjuk pemerintah guna menghindari peredaran uang palsu.

“Kami berharap kiranya lokasi penukaran uang bisa ditambah panitia di beberapa titik untuk mencegah menyemutnya antrean masyarakat di suatu tempat dan kalau boleh pelayanan bisa ditambah lagi sebab tidak menutup kemungkinan masih banyak masyarakat yang belum dilayani dalam tempo 2 hari untuk menukar uangnya,” sebut Gubernur.

Gubernur mengemukakan sudah menjadi tradisi masyarakat di Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu, pada saat merayakan Lebaran dilakukan dengan membagi sedikit rezeki kepada anak-anak atau keluarga yang datang pesiar berlebaran di rumah keluarga yang berkelebihan.

Untuk itu banyak masyarakat yang butuh uang pecahan kecil dalam jumlah yang banyak sehingga melalui layanan penukaran uang selama 2 hari, diharapkan bisa membantu masyarakat yang memerlukan jasa penukaran uang pecahan kecil baik untuk tujuan membagi-bagikan rezeki maupun tujuan lain yang butuh uang kecil seperti membayar parkir belanja dan sebagainya.

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekda Hidayat Lamakarate mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Indonesia Sulawesi Tengah dan berharap dengan adanya layanan tersebut bisa dipergunakan dengan baik dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang datang.

Baca juga: 19 bank digandeng BI layani penukaran uang baru di Kota Palu

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019