London (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Austria, yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, akan menggelar konser musik di salah satu gedung konser terbaik di Kota Wina, Mozart Saal di Wiener Konzerthaus.

Konser bertajuk "Ethnochestra: A Melody of Friendship" dijadwalkan berlangsung  pada 12 Juni di  gedung  itu yang berkapasitas sekitar 700 orang.

KBRI Wina dalam keterangan yang diterima Antara London, Senin, menyebutkan konser Ethnochestra, sesuai nama dan judul konser, merupakan perpaduan antara orkestra simfoni Austria dengan instrumen serta unsur-unsur musik tradisional Indonesia, sesuatu yang tentu akan menjadi sebuah tontonan unik dan menarik.

Berbagai lagu mulai dari lagu-lagu rakyat hingga karya-karya kontemporer dari kedua negara akan dikemas menjadi suatu kesatuan, sekaligus mencerminkan betapa musik memiliki pesan universal serta kekuatan untuk menyatukan.

Duta Besar RI untuk Austria, Dr. Darmansjah Djumala menyebutkan dalam konser tersebut, komponis dan musisi terkemuka Indonesia Erwin Gutawa berkolaborasi dengan musisi dan conductor ternama Austria, Johannes Vogel, pemimpin Synchron Stage Orchestra Vienna (SSOV).

Para musisi yang tergabung ke dalam orkestra SSOV ini merupakan musisi yang juga bagian dari grup simfoni klasik terkenal Austria Vienna Philharmonic Orchestra. Konser akan dimeriahkan dengan sejumlah artis dan musisi terkemuka Indonesia, seperti Gita Gutawa, Sandhy Sondoro, Gabriel Harvianto, serta dalang cilik berbakat, Woro Mustiko.

Dubes Darmansjah mengatakan penyelenggaraan konser ini merupakan salah satu bagian dari program diplomasi budaya Indonesia di Austria, yang memperdalam hubungan bilateral antara kedua negara itu.

Dikatakan, partisipasi komponis dan musisi terkemuka Indonesia, Erwin Gutawa dan kawan-kawan dalam konser kolaborasi ini diharapkan membantu mempromosikan seni-budaya Indonesia di panggung internasional.

Kota Wina sebagai pusat musik dunia memberikan peluang besar bagi kehadiran musik kontemporer karya komponis Indonesia di tengah-tengah percaturan musik di Austria. Kolaborasi antara komponis besar Indonesia dengan orkestra simfoni Austria dalam konser ini dapat pula menjadi ajang untuk mendorong penguatan industri kreatif nasional dan mempromosikannya di pasar industri kreatif Austria, kata Dubes Djumala.

Baca juga: Masyarakat Indonesia di Austria gelar buka puasa bersama
Baca juga: Indonesia jadi "partner country" pameran wisata terbesar Austria


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019