counter

Pertamina jamin ketersediaan BBM di Tol Palembang-Lampung

Pertamina jamin ketersediaan BBM di Tol Palembang-Lampung

General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel Primarini (tengah) dalam konferensi pers kesiapan mudik Lebaran di Palembang, Senin (28/5). (Antara News Sumsel/19/Dolly Rosana)

Pertamina bahkan menyiapkan kapasitas lebih banyak, sebesar 10 KL, di titik KM 115 A dan KM 115 B. Sedangkan untuk SPBU Modular lainnya berada di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, sementara untuk Km 33B disiapkan Kiosk Pertamina Siaga.
Palembang (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Operation Region Sumatera Bagian Selatan memastikan pasokan bahan bakar minyak di sepanjang jalur tol Trans Sumatera ruas Palembang – Lampung aman selama momen mudik dan libur Lebaran 2019.

General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel Primarini di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, mengatakan bahwa perseroan telah menyiapkan 15 titik fasilitas pengisian bahan bakar.

"Kami menyiapkan sebanyak 8 SPBU modular dan 7 kios Pertamina siaga di ruas tol tersebut dengan demikian ketersediaan BBM di jalur tol tersebut aman untuk pengendara," kata Primarini dalam konferensi pers persiapan Pertamina menghadapi mudik Lebaran.

Prima menjelaskan kapasitas tiap SPBU modular itu sekitar 6 kiloliter (KL) per hari sementara penjualan BBM diperkirakan sekitar 4 KL per titik per hari.

Ia menambahkan, Pertamina bahkan menyiapkan kapasitas lebih banyak, sebesar 10 KL, di titik KM 115 A dan KM 115 B. Sedangkan untuk SPBU Modular lainnya berada di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, sementara untuk Km 33B disiapkan Kiosk Pertamina Siaga.

Terkait jam operasional SPBU tersebut, ia mengemukakan, perseroan menyesuaikan dengan jam operasional tol, di mana untuk ruas yang fungsional masih buka terbatas.

"Kami menyesuaikan, untuk ruas seperti Bakauheni – Terbanggi Besar kan sudah operasional maka buka 24 jam. Sementara ruas lainnya, seperti Pematang Panggang—Kayu Agung masih fungsional jadi dibuka sampai jam 16.00 WIB," kata dia.

Menurut Prima, untuk ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik.

Namun demikian, SPBU Modular juga disiapkan di dua rest area, di Km 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 06.00-16.00 WIBsesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik, kata dia.

Melengkapi SPBU Modular di Km 215B dan 234A, Kiosk Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM Kemasan kapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di Km 163A, 172B, dan Km 208A.

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani pemudik yakni di Km 285B. Meski demikian, Primarini memastikan stok di Kiosk tersebut dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik.

"Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans Sumatra serta yang melewati jalur lintas akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya, Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik," ujar dia.
Baca juga: Menhub-Polri koordinasi amankan jalur mudik lebaran Pelembang-Lampung
 

Warga Mapia Papua kini nikmati BBM satu harga

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar