Palembang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Palembang  memastikan layanan tetap beroperasi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama mudik dan libur Lebaran.

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang tetap menjalankan operasional pelayanan bagi peserta JKN-KIS, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang M Ichwansyah Gani di Palembang, Senin.

BPJS Kesehatan memastikan tetap operasional pelayanan pada  H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya pada  29 Mei - 13 Juni 2019. Peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

"Saat mudik peserta yang berada di dalam atau luar daerah bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun lanjutan," kata dia dalam konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.

Ichwansyah mengatakan terdapat 39 rumah sakit di wilayah Cabang Palembang yang dipastikan tetap beroperasi selama momen tersebut.

Sementara untuk FKTP, kata dia, sebanyak 434 FKTP yang tersebar di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin tetap beroperasi sampai 27 Mei 2019.

"Untuk masa cuti bersama kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang terkait FKTP mana saja yang buka," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia mengatakan terdapat 10 Puskesmas yang buka 24 jam selama cuti bersama Lebaran, yang terhitung pada tanggal 3 Juni-4 Juni dan 7 Juni-8 Juni 2019.

"Jadi kami tetap siapkan pelayanan selama cuti Lebaran baik yang punya kartu KIS maupun tidak," kata dia.

Ada 10 Puskesmas yang tetap buka tersebut, yakni Puskesmas Plaju, Puskesmas 7 Ulu, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Basuki Rahmat, Puskesmas Boom Baru, Puskesmas Sematang Borang, Puskesmas Gandus, Puskesmas Pembina, Puskesmas Sei Lincah dan Puskesmas Sukarami.

Dinkes Kota Palembang juga telah mengintegrasikan layanan di aplikasi Hallo Palembang untuk menyiapkan mobil ambulans manakala keadaan darurat.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019