Penajam (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menyiagakan personel untuk melakukan pengawasan di sejumlah objek wisata di daerah itu, yang menjadi tempat favorit masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur Lebaran.

Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara Nurlaila, ditemui di Penajam, Senin, mengatakan, instansinya akan menyiagakan seluruh tim reaksi cepat di sejumlah objek wisata saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Di masing-masing objek wisata, BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara menyiagakan empat personel tim reaksi cepat untuk melakukan pengawasan dan penjagaan.

Pengawasan dan penjagaan tersebut menurut Nurlaila, dilakukan di seluruh lokasi tempat wisata di wilayah Penajam Paser Utara, khususnya kawasan objek wisata pesisir pantai.

"Posko pemantauan BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara dipusatkan di objek wisata Pantai Tanjung Jumlai, Kecamatan Penajam," jelasnya.

Sejumlah objek wisata yang menjadi perhatian dalam pengawasan dan penjagaan lanjut Nurlaila, di antaranya Pantai Nipah-Nipah, Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong, serta kawasan ekowisata hutan bakau.

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyiapkan tim untuk melakukan patroli berkeliling memantau objek wisata di wilayah Penajam Paser Utara lainnya.

"Pemantuan di sejumlah objek wisata itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana saat libur Lebaran, terutama di tempat-tempat wisata," kata Nurlaila.

"Kami akan melakukan pengawasan dan penjagaan di lokasi objek wisata terutama wilayah pantai sampai usai waktu libur," ujarnya.

Setiap libur Lebaran jumlah pengunjung di obyek wisata pantai di Kabupaten Penajam Paser Utara membludak, terutama di Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong pengunjungnya mencapai ribuan orang.

Pengunjung yang memadati sejumlah tempat wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut bukan saja masyarakat setempat, tetapi juga banyak dari daerah luar.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019