Melalui e-Pesta akan memudahkan pelaksanaan pengawasan dan verifikasi laporan pembinaan kepariwisataan oleh Inspektorat sehingga dapat memberikan perlindungan optimal bagi pelaku pariwisata ataupun wisatawan
Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meluncurkan Aplikasi Sistem Elektronik Pengawasan Pariwisata (e-Pesta) di Ruang Sleman Smart Room, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Senin.

Aplikasi e-Pesta diinisiasi oleh Inspektorat Kabupaten Sleman tersebut guna mewujudkan akuntabilitas Kawasan Wisata Nasional di Kabupaten Sleman yang meliputi pencegahan terhadap kecelakaan, pengaduan masyarakat dan mencegah temuan hasil pemeriksaan.

Sri Purnomo menyampaikan dengan diluncurkannya e-Pesta merupakan upaya Pemda Sleman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kawasan wisata.

"Melalui e-Pesta akan memudahkan pelaksanaan pengawasan dan verifikasi laporan pembinaan kepariwisataan oleh Inspektorat sehingga dapat memberikan perlindungan optimal bagi pelaku pariwisata ataupun wisatawan," katanya.

Sri Purnomo berharap e-Pesta memberikan kontribusi untuk meminimalisasi temuan pemeriksaan di bidang pariwisata.

"Kemudahan proses pengawasan dan pembinaan di bidang pariwisata akan mencipatakan efisiensi dan efektivitas baik dalam aspek waktu maupun verifikasi data pembinaan kepariwisataan," katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ida Bagus Anom selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali.

Menurut Ida Bagus Anom e-Pesta harus memberikan kemudahan dan manfaat bagi semua kalangan.

"Aplikasi e-Pesta yang dikembangkan harus mampu memberikan kemudahan bagi instansi pemerintah dalam pengawasan dan pelayanan publik bagi pelaku pariwisata dan wisatawan di Kabupaten Sleman," katanya.

Kepala Inspektorat Budiharjo menjelaskan e-Pesta adalah salah satu inovasi Program Tri Pakarti Musna yang merupakan implementasi dari proyek perubahan dalam rangka melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II angkatan 22 tematik pariwisata yang diikuti oleh Budiharjo beberapa saat lalu di BPSDM Provinsi Bali.

Budiharjo mengatakan masyarakat dapat langsung melihat data pengawasan pembinaan pariwisata melalui laman www.slemankab.go.id/epesta.

"Di laman tersebut masyarakat bisa memantau langsung hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh OPD terkait. Selain itu, masyarakat diberikan kemudahan untuk merespon kegiatan tersebut melalui fasilitas surat warga," katanya.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019