Surabaya (ANTARA) - Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 (Jawa Timur) menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,94 triliun untuk menghadapi Lebaran 2019 di wilayah setempat, atau meningkat sebesar 15 persen dibandingkan realisasi kebutuhan Ramadhan dan Libur Lebaran tahun lalu yang mencapai Rp3,43 triliun.

Regional CEO Bank Mandiri Jawa Timur, R Erwan Djoko Hermawan di Surabaya, Senin mengatakan uang tunai itu dialokasikan pada mesin-mesin ATM Mandiri sebesar Rp2,66 triliun dan Rp1,28 triliun ditempatkan di kantor-kantor cabang Bank Mandiri seluruh Jawa Timur.

"Kalau secara nasional disiapkan Rp54,9 triliun atau sekitar Rp1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 H," kata Erwan, saat buka bersama dengan wartawan di Surabaya.

Ia mengatakan, antisipasi tingginya kebutuhan uang tersebut diberlakukan selama 28 hari kerja pada 13 Mei sampai 9 Juni 2019, dan alokasi dana tunai harian itu meningkat sekitar 19 persen dari rata-rata kebutuhan harian pada kondisi normal.

Dengan kesiapan tersebut, Erwan memastikan Bank Mandiri siap melayani kebutuhan transaksi masyarakat Jawa Timur, dengan fasilitas sebanyak 2.318 unit ATM dan 25.154 unit mesin EDC atau penyedia transaksi keuangan selama mudik lebaran ini.

"Kami juga menyiapkan kantor cabang yang tetap beroperasi pada libur Lebaran yakni sebanyak 38 cabang siap melayani transaksi terbatas pada Tanggal 3, 4, 6, dan 7 Juni 2019 pada jam operasional 08.00 WIB sampai15.00 WIB," katanya.

Transaksi terbatas ini, kiata dia, hanya transaksi keuangan antar rekening Bank Mandiri, serta beberapa transaksi customer service, khususnya terkait pembukaan blokir dan penggantian kartu debit, dimana kedua transaksi ini merupakan transaksi customer service yang paling dibutuhkan saat libur panjang.

Baca juga: Bus balik gratis Lebaran disediakan Pemprov Jatim

Baca juga: Gubernur Jatim pastikan stok pangan aman

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019