Sorong (ANTARA) - Komando Armada III TNI Angkatan Laut Sorong menyelenggarakan buka puasa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan sejumlah komponen masyarakat kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat.

Acara buka puasa TNI AL bersama komponen masyarakat yang berlangsung di Markas Komando Sorong, Senin, bertema "Dengan Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 2019 Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit serta PNS TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI".

Panglima Komando Armada III TNI Angkatan Laut Sorong, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan dalam sambutannya mengatakan, melalui tema buku puasa ini Koarmada III berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah mendukung terwujudnya Papua Barat yang maju, aman, dan damai.

Dia mengajak semua pihak menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk memantapkan niat dalam meningkatkan soliditas dan solidaritas, merekatkan keberagaman, menyelaraskan perbedaan-perbedaan ke dalam sebuah proses kehidupan.

Selain itu, mampu menghasilkan alunan melodi indah dengan nada-nada, kedamaian, kerukunan, kesejukan, kebersamaan, saling toleransi, ketenangan, saling tenggang rasa dalam silaturahim kebangsaan yang harmonis.

"Pada bulan suci Ramadhan jangan biarkan diri kita ini terprovokasi oleh hal-hal yang destruktif, provokatif, saling fitnah, saling menyakiti, dan adu domba," katanya.

Ia mengatakan, Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman dan banyak perbedaan seperti lima agama, 714 suku, ribuan bahasa daerah, adat istiadat, 17.499 pulau, dan berbagai perbedaan lainnya.

"Oleh karena itulah kita semua saling menjalin silaturahim dalam mengisi pembangunan sesuai dengan peran kita masing-masing. Mari seimbangkan tiga dimensi komunikasi kita melalui komunikasi dengan Tuhan, melaksanakan ajaran agama dengan baik penuh kasih, saling toleransi dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, komunikasi dengan sesama manusia dan melaksanakan silaturahim dengan sesama manusia tanpa membedakan suku, ras, dan agama memupuk kebersamaan dalam menjalani kehidupan yang penuh kasih dan kedamaian.

"Lakukan pula komunikasi dengan alam, yakni turut berperan menjaga keseimbangan ekosistem dan merawat seisi alam dengan baik serta memanfaatkannya secara proporsional," katanya.

Buka puasa bersama tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat antara lain Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Komandan Korem 181/Praja Vira Tama Brigjen TNI Ignatius Yogo Triono, dan sejumlah pejabat Forkopimda lainnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019