Jakarta (ANTARA) - Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman melantik Prof. Dr. Edie Toet Hendratno SH, MSi sebagai Ketua Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (Baori) untuk periode 2019-2023.

"Kami tentunya akan menjaga citra dan marwah Baori maupun KONI itu sendiri," kata Edie Toet saat memberi sambutan setelah dilantik di Gedung KONI Jakarta, Senin.

Edie Toet yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila mengatakan kami juga akan loyal dan tegak lurus kepada pimpinan.

"Tidak ada sedikitpun pikiran yang aneh-aneh, justru kami akan menjaga citra dan marwah Baori," jelasnya.

Edie Toet berharap agar Baori yang baru ini mudah-mudahan akan menjadi simbol atau warna baru dari KONI karena Baori adalah bagian dari KONI. "Kami akan menata langkah-langkah dimana letak kekurangannya untuk memperbaikinya," ujarnya.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang belum mengetahui Baori tersebut. Padahal Baori itu penting dalam dunia keolahragaan karena adanya konflik-konflik yang perlu ditangani dengan baik.

"Kami tentunya akan mengkaji dan mempelajari terlebih dahulu permasalahan-permasalah yang ada untuk ditangani," katanya.

Sementara itu Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman mengatakan pelantikan pengurus Baori baru ini sebagai tindak lanjut dari salah satu keputusan Rakernas yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Baori kata Tono harus mampu menyelesaikan setiap perselisihan sengketa dan tuntutan yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.

"Saya percaya Bapak Edi Toet beserta para wakil dan anggota Baori akan mampu melaksanakan tugas olahraga dan mengembangkan dengan cara sebaik-baiknya," katanya.

Tono mengatakan kesalahan Baori yang berkaitan dengan hukum sebelumnya tentunya akan menjadi bahan evaluasi kedepannya. Persoalan hukum ini merupakan masalah keadilan dan kebenaran untuk itu perlu penanganan yang baik.

Sedangkan untuk susunan lengkap pengurus Baori periode 2019-2023 yaitu Edie Toet Hendratno (Ketua), Adi Sujatno (Wakil ketua), Ahmad Muladi (wakil ketua), Agus Gurlaya Kartasasmita (Anggota), Dea Tunggaesti (Anggota), Rachmadi (Anggota), dan Yolanda Grase Patinasarany (Anggota).

Baca juga: KONI Pusat copot Ketua BAORI

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019