counter

KPPIP pastikan 89 Proyek Strategis Nasional selesai triwulan III-2019

KPPIP pastikan 89 Proyek Strategis Nasional selesai triwulan III-2019

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo (ketiga dari kiri) saat memberikan pemaparan di Jakarta, Senin (27/5/2019). (ANTARA/Humas Kemenko Perekonomian)

pada akhir tahun secara akumulatif terdapat 96 proyek yang beroperasi secara keseluruhan
Jakarta (ANTARA) - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan 89 proyek infrastruktur yang tercantum dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) akan selesai pada triwulan III-2019.

"KPPIP mengestimasikan pada triwulan tiga 2019, terdapat total 89 PSN yang selesai," kata Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo dalam pemaparan di Jakarta, Senin.

Wahyu menjelaskan proyek selesai tersebut terdiri atas 62 PSN yang telah selesai hingga akhir Desember 2018, 15 PSN yang selesai periode Januari-Mei 2019, dan 12 PSN yang diperkirakan selesai pada Mei-Oktober 2019.

PSN yang tercatat selesai pada Januari-Mei 2019, antara lain Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer yang menjadi bagian dari delapan ruas Trans Sumatera, Palapa Ring Broadband di 457 kabupaten/kota melalui pola non-KPBU, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan, KEK Bitung, KEK Morotai, dan KEK Belitung Tanjung Kelayang.

Selain itu, Bendungan Mila, Smelter Buli, Bandara Tjilik Riwut, Bendungan Gondang, Jalan Lingkar Trans Morotai sepanjang 231,84 kilometer, Jalan Palu-Parigi sepanjang 83,6 kilometer, Jalan Penghubung Gorontalo-Manado sepanjang 301,7 kilometer, Jalan Trans Maluku tujuh ruas, dan Smelter Kuala Tanjung.

PSN yang ditargetkan selesai Mei-Oktober 2019 adalah Bandara Sultan Babullah, Bandara Kertajati, LRT Sumatera Selatan dan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 100 kilometer, Jalan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 85 kilometer yang merupakan bagian dari ruas Trans Sumatera, dan Palapa Ring Broadband di 57 kabupaten/kota melalui pola KPBU.

Selain itu, Kereta Api Tebing Tinggi-Kuala Tanjung untuk mendukung KEK Sei Mangke, KEK Sorong, Bendungan Sindang Heula, dan Bendungan Muara Sei Gong, Kereta Api Akses Bandara Adi Soemarno dan Penyelenggaraan Perkeretapaian Umum di wilayah DKI Jakarta.

Wahyu menambahkan 89 PSN itu akan didukung oleh tujuh proyek infrastruktur tambahan yang akan selesai sepenuhnya pada akhir 2019.

Tujuh PSN itu adalah Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer, Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 16 kilometer bagian dari delapan ruas Trans Sumatera, Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 kilometer, Bandara Syamsudin Noor, Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 kilometer, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevate sepanjang 36,4 kilometer, dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer.

"Dengan demikian, pada akhir tahun secara akumulatif terdapat 96 proyek yang beroperasi secara keseluruhan," kata Wahyu.

PSN merupakan ide besar yang telah dirumuskan oleh pemerintah sejak 2016 sebagai upaya mempercepat pembangunan infrastruktur strategis di berbagai daerah.

Program itu sempat mendapatkan sejumlah penambahan maupun pengurangan proyek, karena berbagai hal, hingga akhirnya tercatat 223 proyek dan tiga program masuk dalam PSN.

Kriteria utama proyek untuk dapat masuk dalam PSN, antara lain bisa mencapai "financial close" paling lambat triwulan III-2019 atau seiring dengan berakhirnya pemerintahan periode 2014-2019.
 

Jalan Strategis Nasional Tol Padang-Pekanbaru Akan Dibangun

Pewarta: Satyagraha
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar