AsiaNet 78890

NAGOYA, Jepang, 24 Mei 2019 (Antara/Kyodo JBN- AsiaNet) --

- Peluncuran ini meliputi perkenalan awal Menicon Bloom Night, Lensa Kontak Orthokeratologi bersertifikat CE pertama dan satu-satunya di Eropa untuk Pengendalian Miopi

Pada tanggal 24 Mei, Menicon Co., Ltd. mengumumkan peluncuran Menicon Bloom Myopia Control Management System, pendekatan holistik untuk manajemen pengendalian miopi. Peluncuran ini meliputi perkenalan awal Menicon Bloom Night, perawatan lensa kontak ortokeratologi untuk penatalaksanaan miopi.

(Logo: https://kyodonewsprwire.jp/img/201905216625-O1-4k0Q106r)

Miopi, yang juga dikenal sebagai rabun jauh atau ketidakmampuan untuk melihat benda yang jauh dengan jelas, merupakan gangguan refraktif paling umum dan penyebab utama gangguan penglihatan di seluruh dunia. Miopi menyerang sekitar 30 persen populasi dunia dan diprediksi akan meningkat menjadi sekitar 50 persen hingga 2050. Prevalensi miopi pada remaja di dunia bagian barat telah meningkat hingga 30 persen selama beberapa dekade terakhir dan tingkat epidemik mencapai lebih dari 90 persen di beberapa bagian di Asia Timur. Di tingkat global, penyakit ini menjadi masalah kesehatan publik signifikan sehubungan dengan morbiditas terkait penyakit mata dan tingginya biaya perawatan yang harus dikeluarkan.

Perawatan Menicon Bloom Night melibatkan penggunaan semalam lensa kontak ortokeratologi geometri terbalik yang dirancang khusus, yang diproduksi dalam materi kokoh Menicon Z oksigen berpori hyper yang menjamin oksigenasi kornea secara optimal untuk penggunaan lensa kontak yang aman dan nyaman. Perawatan ini mengubah bentuk kornea untuk sementara, yang mampu mengurangi gangguan refraktif, sehingga menekan kebutuhan akan penggunaan lensa kontak selama periode terjaga pasca lensa dilepas. Bentuk kornea yang baru memberikan jalur optik khusus terhadap sinar yang masuk untuk melawan respon pertumbuhan okular terkait pengembangan miopi. Melalui mekanisme ini, Menicon Bloom Night diindikasi mampu mengurangi miopi refraktif bila diresepkan dan dikelola oleh praktisi kesehatan mata yang berkualifikasi.

Lensa kontak Menicon Bloom Night telah dikaji dan divalidasikan melalui berbagai studi sektoral (peer-review) komprehensif terkait penatalaksanaan miopi. Perawatan Menicon Bloom Night telah terbukti dapat diterima dengan baik oleh para orang tua dan mampu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak dalam hal penampilan fisik, partisipasi dalam berbagai kegiatan, performa akademik, dan penerimaan di lingkungan. Dengan berbagai bukti ilmiah jangka panjang dan komprehensif selama beberapa tahun terakhir, Menicon Bloom Night telah memenuhi standar tertinggi dalam hal keamanan, efektivitas, dan kualitas yang dibutuhkan untuk meraih sertifikasi CE untuk penatalaksanaan miopi di Eropa.

Pengepasan (fitting) Menicon Bloom Night dioptimalkan oleh penggunaan perangkat lunak Easyfit, sebuah perangkat mutakhir dan mudah digunakan yang secara akurat memandu praktisi kesehatan mata dalam proses pengepasan. Selain itu, sebuah aplikasi seluler yang dirancang khusus, Virtual Dr. Menicon, telah dikembangkan untuk meningkatkan proses pemantauan dan komunikasi antara praktisi kesehatan mata dan pasien. Menicon Bloom Night hanya tersedia bagi praktisi kesehatan mata profesional bersertifikasi. Dengan peluncuran terapi perawatan miopi pertama ini, Menicon telah menjadi satu dari sedikit perusahaan dengan perangkat yang telah resmi disahkan untuk pengendalian miopi di Eropa dan membuktikan komitmen berkelanjutan perusahaan ini di sektor penatalaksanaan miopi. 

Menicon Bloom Night, untuk pertama kali, akan diluncurkan di Belanda, kemudian dilanjutkan di sejumlah negara di pasar lain di Eropa. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan ketersediaan produk ini, akan diumumkan dalam waktu dekat.

CEO Menicon Co., Ltd. Dr. Hidenari Tanaka mengatakan, "Kami senang atas terobosan besar yang dicapai dengan pengesahan dan peluncuran Menicon Bloom Myopia Control Management System. Kami percaya bahwa komitmen berkelanjutan kami terhadap manajemen pengendalian miopi akan menjadikan kami sebagai kontributor kunci di sektor ini dan memperkuat posisi kami sebagai perusahaan perawatan kesehatan bervisi global. Kami yakin semakin tingginya prevalensi miopi di seluruh dunia membutuhkan respon yang komprehensif dan edukatif dan kami telah mengidentifikasikannya sebagai inisiatif besar di dalam program pengembangan kami. Sebagai pelopor di sektor lensa kontak, kami akan mengembangkan bisnis pengendalian miopi ini yang didasarkan pada himpunan teknologi, produk, dan layanan kami dan berkontribusi terhadap masyarakat dengan cara mendukung komunitas praktisi kesehatan mata dalam mengendalikan miopi yang terus berkembang pesat."

Tentang Menicon
Menicon Co., Ltd. (7780: Tokyo), didirikan oleh Kyoichi Tanaka pada 1951, adalah produsen lensa kontak pertama dan terbesar di Jepang, dan kini operasinya tersebar di lebih dari 30 negara. Menicon adalah produsen yang berkomitmen pada segala area bisnis terkait lensa kontak lunak dan mampu terserap gas, termasuk manufaktur, penjualan, ekspor dan impor lensa kontak dan berbagai perangkat medis lainnya; manufaktur dan penjualan instrumen kesehatan; penjualan pasokan medis; dan riset dan pengembangan lensa intraokular. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.menicon.com

*"Bloom", "Bloom Night", "Menicon Z" dan "Easyfit" adalah merek dagang Menicon Co., Ltd.

SUMBER: Menicon Co., Ltd.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019