Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri, di Manado, Selasa.

Kapolda Irjen Pol Sigid Tri Harjanto, mengatakan ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini.
"Pertama, untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara," katanya.

Kedua, lanjut Kapolda, untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Pada saat itu, Kapolda menyampaikan untuk menjadi perhatian dan pedoman guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yakni persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi.

Hal tersebut bertujuan agar operasi dapat terselenggara dengan sukses aman dan lancar.
Terus pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personel, dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi.

Terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi.
Hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas.

"Laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat dan tanggung jawab demi keberhasilan pelaksanaan operasi," katanya.

Pada saat tersebut dilakukan penyematan pita operasi kepada tiga perwakilan personel masing-masing anggota TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

Apel gelar pasukan yang dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondakambei, dan Forkopimda, diikuti antara lain personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Basarnas, Polisi Pamong Praja.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019