Pihaknya mengharapkan agar pemudik yang kurang sehat dapat memeriksakan kesehatan di posko tersebut apalagi mengendarai mobil atau sepeda motor jarak jauh,
Tangerang (ANTARA) - Aparat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Banten, mendirikan 12 posko untuk membantu pemudik sebagai pelayanan medis sepanjang jalan Raya Serang dan tempat keramaian.

"Kami juga menyediakan ambulan dilengkapi dengan peralatan penunjang yang siaga di posko tersebut selama 24 jam," kata Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang, Desriana Dinardianti di Tangerang, Selasa.

Ia menambahkan pihaknya telah mendapatkan instruksi dari Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bahwa pemerintah daerah harus membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Namun posko tersebut mulai dari perbatasan dengan Kota Tangerang di Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug hingga ke Kecamatan Jayanti, perbatasan langsung dengan Kabupaten Serang.

Sedangkan tiap posko terdapat satu orang dokter dan dibantu dua tenaga medis yang secara bergiliran siaga menolong pemudik.

Pihaknya mengharapkan agar pemudik yang kurang sehat dapat memeriksakan kesehatan di posko tersebut apalagi mengendarai mobil atau sepeda motor jarak jauh.

Pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, Satpol PP dan aparat Polresta Tangerang demi kelancaran pemudik ke kampung halaman masing-masing selama Lebaran 2019.

Menurut dia, posko kesehatan itu mulai beroperasi pada H-7 hingga H+7 Lebaran yang siap membantu bila terjadi kecelakaan langsung dirujuk ke rumah sakit.

Posko itu dominan jalan Raya Serang karena merupakan jalur protokol sebagai perlintasan bagi pemudik non tol dari Jakarta menuju Merak atau sebaliknya mengunakan mobil atau sepeda motor.

Bahkan pemudik dengan tujuan beberapa kota di Pulau Sumatera akan melintas di kawasan tersebut, maka untuk itu perlu ada antisipasi agar tidak mengalami kemacetan.

Selain itu, posko juga didirikan di areal wisata seperti di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga dan di Tanjung Kait, Kecamatan Mauk.

"Posko serupa juga ada di Kecamatan Kronjo dekat kawasan wisata Pulau Cangkir," kata mantan Dirut RSUD Kabupaten Tangerang itu.

Demikian pula terdapat posko kesehatan di pusat keramaian seperti di kawasan Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019