Muntok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Dinas Perhubungan Kabupaten setempat melakukan pengecekan armada bus antarkota di Terminal Muntok.

"Pengecekan armada angkutan lebaran ini kami lakukan sebagai antisipasi dini sekaligus pencegahan kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Satlantas AKP Toni Susanto di Muntok, Selasa.

Menurut dia, kegiatan bersama antara polisi dengan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Barat tersebut sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama para penumpang angkutan umum yang ada di daerah itu.

Pemeriksaan armada angkutan lebaran dilaksanakan di Terminal Muntok dengan menitikberatkan pada pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, fungsi rem, klakson, spion, ban, uji emisi hingga kesehatan sopir dan kondektur.

"Kami ingin memastikan semua dalam kondisi prima dan layak beroperasi," ujarnya.

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan terhadap bus, namun juga sejumlah kendaraan angkutan umum yang ada di lokasi itu.

Ia berharap melalui pemeriksaan bersama tersebut seluruh bus, minibus, travel dalam kondisi aman dan masih layak jalan sehingga dapat digunakan armada mudik.

"Kami juga berpesan agar para pengendara menjaga dan mengutamakan keselamatan para pemudik," katanya.

Satlantas bersama Dinas Perhubungan akan bekerja sama untuk memeriksa kendaraan pribadi yang akan digunakan armada untuk mudik lebaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019