Alhamdulillah setiap kita latihan, otomatis suara kita semakin tinggi, semakin berkembang
Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa semester 4 Jurusan Sastra Arab di Universitas Indonesia, Syamsuri Firdaus, telah berhasil menjuarai kompetisi MTQ Internasional Ke-7 di Turki dan membagi tips berlatih membaca Al Quran.

"Tentunya merupakan sebuah rahmat dari Allah, dulu pas saya masuk SD itu saya mulai belajar. Pas SD belajar 'nazam' Quran, belajar 'makhroj' hurufnya, pokoknya belajar tentang kaidah-kaidah tajwid," jelas Syamsuri di halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Syamsuri diundang untuk menemui Presiden Joko Widodo ke Istana Merdeka. Ia menemui Presiden bersama Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin

Syamsuri juga menyebut upayanya berlatih membaca kitab suci umat Islam itu setiap hari.

Dia membaca Al Quran usai solat isya, serta solat subuh setiap harinya. Ia membaca Al Quran rata-rata selama 10 menit.

"Alhamdulillah setiap kita latihan, otomatis suara kita semakin tinggi, semakin berkembang dan memang itu sebagai dorongan dan memang tipsnya itu, tetaplah berlatih," ungkap mahasiswa asal Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.


Pesan Presiden

Saat bertemu dengan Presiden Jokowi, Syamsuri diberi pesan untuk tetap semangat meningkatkan prestasi dan terus berinteraksi dengan Al Quran.

"Tadi pesan-pesan dari Pak Jokowi tetap semangat, sungguh-sungguh, tetap meningkatkan prestasinya. Dan pesan untuk teman-teman MTQ, teman-teman yang berjuang dalam meningkatkan diri dengan Al Quran, teman-teman yang senantiasa berinteraksi dengan Al Quran, tetap semangat katanya," jelas Syamsuri.

Kemudian saat mendapat ucapan selamat dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Syamsuri  juga mendapat apresiasi dari Presiden tersebut.

Erdogan menanyakan cara belajar Syamsuri dalam membaca Al Quran sehingga memiliki suara yang bagus.

Syamsuri menjawab itu adalah nikmat yang diberikan Tuhan kepadanya.

"Habis itu dia peluk saya dan Alhamdulillah saya merasa terharu, sedih, campur bahagia dan memang luar biasa, barakah Al Quran Alhamdulillah saya bisa bertemu dengan Presiden Erdogan, lebih-lebih dengan Presiden RI Pak Jokowi," demikian Syamsuri.

Sementara itu, pendamping Syamsuri, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, menjelaskan Syamsuri telah lolos dari penyaringan di berbagai tahap baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

"Kemudian kami saring ketika ada permintaan untuk lomba di luar negeri, kita cari mana-mana juara kita kirim. Dan ternyata juara 2 di Indonesia bisa juara 1 tingkat internasional. Karena semua juara itu 1, 2, 3 kami kirim ke luar negeri, karena banyak permintaan untuk lomba apalagi pas bulan Ramadhan," ujar Amin.

Amin menambahkan Presiden Jokowi memintanya melakukan pembinaan kepada seluruh qori di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran.

"Setiap tahun tidak kurang dari 20 negara yang mengundang Indonesia. Dan Alhamdulillah tiap tahun dapat juara," demikian Amin. *


Baca juga: Presiden minta juara MTQ Internasional tetap semangat
 Baca juga: Gubernur NTB hadiahi Qori Internasional tabungan dan umroh



 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019