Lubukbasung, (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berhasil menghimpun 800 eksemplar Al Quran melalui Gerakan Wakaf yang digagas lembaga itu untuk menyemarakkan Ramadhan 1440 Hijriah.

Kepala Kemenag Agam Edi Oktaviandi di Lubukbasung, Selasa, mengatakan ke 800 eksemplar Al Quran itu dikumpulkan selama Ramadhan dari keluarga besar Kemenag setempat.

Ia mengatakan 800 Al Quran ini telah disalurkan ke masjid dan mushala saat tim Safari Ramadhan Pemkab Agam dan Kemenag mengunjungi 16 kecamatan di daerah itu.

Setiap masjid menerima 15 eksemplar Al Quran, dan bantuan itu telah disalurkan untuk 18 masjid.

"Tahun depan kita akan upayakan mengumpulkan lebih banyak lagi untuk disalurkan," kata dia.

Selain program Wakaf Al Quran, Kemenag juga memiliki program tharah masjid, tablig Ramadhan, peduli, berbagi dengan dhuafa dan anak yatim.

"Jumlah dhuafa dan anak yatim yang disantuni 60 orang tersebar di 16 kecamatan, dan masing-masing mereka mendapatkan bantuan Rp500 ribu," katanya.

Sementara program lain berupa silaturahim Ramadhan di dua masjid dengan menyalurkan bantuan Rp5 juta untuk setiap masjid

Program pengelolaan dan pelaksanaan zakat fitrah atau penetapan kenversi zakat fitrah, tadarus Al Quran, lomba keagamaan di madrasyah dan halal bi halal.

"Program wakaf Al Quran, silaturahmi Ramadhan dan tablig Ramadhan merupakan program pertama kali diadakan," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019