Baznas Tanah Datar salurkan paket Lebaran ke 1.500 warga miskin

Baznas Tanah Datar salurkan paket Lebaran ke 1.500 warga miskin

Ketua Penyaluran Baznas Tanah Datar Faisal (ANTARA/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - ​​​Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyalurkan zakat berupa paket Lebaran senilai Rp750 juta kepada 1.500 warga miskin di daerah itu.

"Masing-masing orang menerima bantuan sebesar Rp500 ribu," kata Ketua Penyaluran Zakat, Baznas Tanah Datar Faisal di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan penyaluran paket Lebaran ini bertujuan meringankan beban mereka untuk membeli perlengkapan Lebaran. Paket berisi sembako dan uang tersebut merupakan kegiatan rutin Baznas Tanah Datar kepada warga kurang mampu, atau biasa disebut "balai kunyik" atau balai terakhir sebelum Lebaran.

Pada balai tersebut warga yang mendapatkan bantuan berkesempatan untuk membelanjakan uang yang telah diserahkan kepada mereka untuk membeli perlengkapan Lebaran, seperti kue, rendang, dan masakan lainnya

"Jadi mereka juga merasakan hal sama dengan masyarakat lainnya, dan juga mengurangi kesenjangan sosial di kalangan masyarakat," ujarnya.

Bantuan tersebut diserahkan secara merata kepada warga yang membutuhkan di seluruh kecamatan di daerah itu yang sebelumnya telah ditelusuri oleh tim pengusul kepada Baznas.

Penerima bantuan tersebut adalah orang yang betul-betul layak menerima, karena penerima dilakukan secara bergantian dan dicocokkan kembali dengan standar kelayakan yang berhak menerimanya.

"Kami meyakini bahwa penyerahan bantuan ini telah tepat sasaran, karena di tiap nagari ada yang mengkoordinir dan juga mendata warga kurang mampu yang berhak menerima bantuan," ujarnya.

Selain bantuan sosial bagi warga tidak mampu, Baznas Tanah Datar juga memberikan bantuan di bidang pendidikan berupa beasiswa, ekonomi berupa modal usaha, kesehatan berupa bantuan berobat.

Kemudian bantuan di bidang kemanusiaan berupa bedah rumah bagi yang warga terkena bencana.***3***

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

30 Menit Ekstra - Masih bisa menularkankah pasien yang telah negatif COVID-19?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar