counter

Liga Belanda

Klub Ezra Walian naik kasta ke Eredivisie

Klub Ezra Walian naik kasta ke Eredivisie

Kolase foto yang diunggah RKC Waalwijk merayakan keberhasilan mereka meraih promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie. (twitter.com/RKCWAALWIJK)

Jakarta (ANTARA) - Kesebelasan RKC Waalwijk yang diperkuat pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian, resmi naik kasta ke kompetisi sepak bola tertinggi Liga Belanda, Eredivisie.

Hal itu dipastikan setelah Waalwijk menang dramatis 5-4 atas Go Ahead Eagles dalam laga kedua playoff promosi-degradasi di Stadion De Adelaarshorst, Deventer, Belanda, Rabu dini hari WIB.

Waalwijk berhak meraih tiket promosi ke Eredivisie dengan kemenangan agregat 5-4, setelah di laga pertama berhasil menahan imbang Eagles nirgol akhir pekan lalu.

Kendati demikian, Ezra tak dimainkan dalam laga tersebut dan hanya berada di bangku cadangan menyaksikan rekan-rekannya berjuang meraih satu tiket promosi tersebut.

Waalwijk memimpin cepat lewat eksekusi penalti Emil Hansson pada menit ke-13 yang kemudian disusul gol Stijn Spierings berhasil menggandakannya menjadi 2-0 pada menit ke-38.

Namun, tuan rumah membalas lewat eksekusi penalti Jeroen Veldmate yang membuat skor menjadi 1-2 pada pengujung babak pertama.

Tuan rumah merebut momentum di awal babak kedua dan menyamakan kedudukan lewat Richard van der Venne pada menit ke-55. Lantas mereka berbalik unggul 3-2 lewat gol Istvan Bakx pada menit ke-63.

Waalwijk sempat kembali menyamakan kedudukan lewat Hans Mulder pada menit ke-79, namun harapan mereka seolah dikuburkan sepenuhnya ketika Pieter Langedijk membawa Eagles unggul 4-3 semenit jelang waktu normal berakhir.

Hal itu tak mematahkan semangat tim besutan Fred Grim yang berhasil menyamakan kedudukan lagi pada menit kelima masa injury time lewat gol kedua Spierings.

Petaka terjadi bagi Eagles ketika kiper Hobie Verhulst melakukan pelanggaran di dalam area terlarang yang segera disambut wasit Dennis Higler menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Mario Bilate yang sukses memperdaya Velhurst untuk memastikan Waalwijk menang 5-4 sekaligus promosi ke Eredivisie.

Waalwijk kembali ke Eredivisie setelah terakhir kali tampil di sana pada 2013/2014 silam.

Mereka mendampingi FC Twente yang sudah lebih dulu promosi sebagai juara Divisi Eerste, sedangkan satu tempat lagi masih diperebutkan Sparta Rotterdam dan De Graafschap.

Musim ini, De Graafschap finis di urutan ke-17 Eredivisie sedangkan Sparta Rotterdam di posisi kedua Divisi Eerste.

Baca juga: Ringkasan Liga Belanda 2018/2019

Baca juga: Klasemen akhir Liga Belanda, Ajax di pucuk dengan selisih tiga poin

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar