Kami pastikan jalan mulus, tanpa lubang...
Palembang (ANTARA) - Jalan lintas Sumatera sepanjang 16,67 km di dalam Kota Palembang yang menjadi penghubung untuk ke provinsi lain siap dilalui pemudik Lebaran 2019.

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) III Kementerian PU/PR Sumsel Susan Novelia di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu, mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan kenyamanan pengguna jalan selama mudik Lebaran dengan menutup ratusan lubang.

"Kami pastikan jalan mulus, tanpa lubang (zero potholes) sehingga masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman," kata dia.

Jalan dalam kota yang merupakan bagian dari Lintas Timur Sumatera itu meliputi Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara sepanjang 3,15 km dan Jalan Mayjend Yusuf singadikane sepanjang 5,2 km.

Menurutnya, jalan-jalan tersebut merupakan ruas yang biasa dilalui pengendara dari Lampung dan Palembang untuk menuju ke daerah di provinsi lain, seperti Jambi, Medan, Padang, dan Riau.

Sementara itu PPK 3.1 Sumsel Arief Tria menambahkan timnya telah melakukan perbaikan jalan sebagai persiapan mudik Lebaran sejak April 2019.

Pengerjaan di wilayah di kawasan tersebut sangat menantang karena jalan yang diperbaiki ini merupakan jalur ramai kendaraan.

"Terpaksa pengerjaannya harus menyesuaikan pada jam-jam tertentu agar tidak menganggu lalu lintas," kata dia.

Ia melanjutkan selain menjamin jalan dapat dilalui dengan nyaman, pemerintah juga telah menyiapkan posko siaga di Jalan Soekarno Hatta selama masa mudik

Lebaran.
Tim PPK 3.1 di Posko Lebaran Jalan Soekarno-Hatta Palembang. (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)


Menurut Arief posko tersebut bisa memberikan informasi terkait jalur mudik dan jalur padat bagi pengendara.

"Posko yang kami sediakan juga bisa jadi tempat istirahat karena kami punya fasilitas umum untuk pemudik yang singgah walaupun dengan seadanya," ujar dia.

Posko yang dibuat serentak di beberapa titik oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V itu sudah siap dari H-10 sampai H+10 Idulfitri 2019.

Di posko tersebut telah disiagakan alat-alat berat seperti dump truck, flat blade crane, tandem roller untuk mengatasi kerusakan jalan selama momen mudik Lebaran tersebut.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019