Blok Migas Masela harus meningkatkan kesejahteraan warga setempat
Ambon (ANTARA) - Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik Benjamin Thomas Noach sebagai Bupati Maluku Barat Daya (MBD) menggantikan Barnabas Orno, di Ambon, Rabu.

Barnabas telah dilantik menjadi Wakil Gubernur Maluku bersama Gubernur setempat, Murad Ismail oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 24 April 2019.

Pelantikan Benjamin yang sebelumnya adalah Wakil Bupati MBD itu berdasarkan SK Mendagri No.131.81-1194 tahun 2019 tentang pengesahan pengangkatan Bupati dan pengesahan pemberhentian Wakil Bupati MBD.

Gubernur dalam sambutannya mengarahkan Benjamin agar mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah yang memprioritaskan pengentasan kemiskinan di MBD yang secara geografis berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

"Jadi rakyat harus disejahterakan melalui berbagai program strategis Pemkab MBD, termasuk memelihara potensi sumber daya alam  agar bisa dinikmati para anak cucu," ujarnya.

Gubernur juga memandang perlu mengingatkan Benjamin agar sesegera mungkin memutuskan langkah-langkah strategis seiring kebijakan pemerintah mengelola Blok Migas Masela bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat MBD.

"Blok Migas Masela kan berada di wilayah Selatan provinsi Maluku, makanya pengelolaannya harus disikapi Pemkab MBD dengan merealisasikan program-program pembangunan yang strategis agar masyarakat setempat berperan serta dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan warga setempat," katanya.

Dia juga mengingatkan, sesegera mungkin melakukan penataan birokrasi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Marilah dengan semangat 'kalwedo' dijalin koordinasi dengan Forkopimda MBD, DPRD, pimpinan agama, tokoh masyarakat maupun pemuda serta komponen lainnya untuk membangun MBD agar mampu mensejajarkan diri dengan daerah lain di Tanah Air," tandas Gubernur.

Barnabas Orno – Benjamin Thomas Noach, dilantik Gubernur Maluku   Said Assagaff sebagai Bupati – Wakil Bupati MBD periode 2016-2021 di Ambon pada 26 April 2016.

Barnabas dilantik berdasarkan keputusan Mendagri, Tjahjo Kumolo, No. 131.81-3485 tahun 2016 dan SK Mendagri nomor 132.81-3486 tahun 2016 tentang pelantikan Wakil Bupati MBD Benjamin Thomas Noach.

Sedangkan, pemberhentian Yohanes Letelay sebagai Wakil Bupati MBD dengan SK Mendagri No.132.81-3484 tahun 2016.



Baca juga: Pemprov Maluku kaji ulang pembangunan berbasis kepulauan
Baca juga: Polemik Masela dinilai rugikan rakyat Maluku
 

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019