Sekalipun belum semuanya diaspal, tapi kami pastikan kondisi enam ruas jalan provinsi sering dikeluhkan itu, sudah nyaman dilalui masyarakat yang nantinya mudik maupun balik saat Lebaran 2019,
Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Shalahuddin mengaku, pihaknya diperintahkan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran untuk terus memantau serta mendengarkan berbagai keluhan masyarakat terkait kondisi ruas jalan yang ada di provinsi ini.

Hasil dari pantauan selama ini, ada enam ruas jalan provinsi sering dikeluhkan masyarakat yang kondisinya rusak dan sekarang ini telah dilakukan penanganan oleh PUPR Kalteng, katanya di Palangka Raya, Rabu.

"Sekalipun belum semuanya diaspal, tapi kami pastikan kondisi enam ruas jalan provinsi sering dikeluhkan itu, sudah nyaman dilalui masyarakat yang nantinya mudik maupun balik saat Lebaran 2019," ujar dia.

Adapun enam ruas jalan yang sering dikeluhkan yakni Pangkoh-Bahaur, Pelantaran-Parenggean-Tumbang Sangai-Tumbang Kalang, Sampit-Samuda-Ujung Pandaran, KM-34 Muara Teweh-Mampuak-Simpang Benangin, Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, dan Lingkar Selatan Kota Sampit.

Ia menjelaskan alat berat juga disediakan di sejumlah titik di enam ruas tersebut, sehingga bila kondisinya mengalami rusak saat arus mudik, akan langsung diperbaikan oleh tim. Sebab, Dinas PUPR Kalteng telah membentuk posko Lebaran Berkah bertugas memantau serta memperbaiki ruas jalan yang dilalui masyarakat saat mudik maupun balik.

"Kami akui dari enam ruas itu, jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama perlu penanganan ekstra karena rawan kebanjiran. Tapi, kami sudah mempersiapkan berbagai langkah agar nyaman dilalui masyarakat saat mudik maupun balik lebaran," ucapnya.

Selain enam ruas jalan tersebut, Dinas PUPR Kalteng juga memberikan perhatian kepada jalan Nasional, yakni dari perbatasan Provinsi Kalimantan Barat-Lamandau-Kotawaringin Barat-Kotawaringin Timur-Katingan-Palangka Raya-Pulang Pisau-Kapuas-perbatasan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemudian ruas jalan nasional dari Palangka Raya-Pulang Pisau-Kapuas-Barito Selatan-Barito Timur-Barito Utara hingga Murung Raya, serta Palangka Raya-hingga Gunung Mas.

"Kami sudah dan selalu berkomunikasi serta berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait jalan nasional itu. Pantauan kami, semua jalan nasional itu kondisinya sudah baik dan nyaman untuk dilalui saat mudik," demikian Shalahuddin.

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019