Hari ini kita melakukan kegiatan ram check untuk kendaraan angkutan umum dan angkutan barang, ini sudah merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia jadi setiap menghadapi jelang hari raya diwajibkan untuk melakukan ram check t
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan kegiatan ram check kendaraan angkutan umum dan angkutan barang yang digelar di terminal bus Ngabang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Landak Ependi di Pontianak, Rabu, mengungkapkan bahwa kegiatan ram check ini dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan angkutan umum dan barang yang digunakan oleh pemudik menjelang Idul Fitri ini.

"Hari ini kita melakukan kegiatan ram check untuk kendaraan angkutan umum dan angkutan barang, ini sudah merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia jadi setiap menghadapi jelang hari raya diwajibkan untuk melakukan ram check terhadap kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang," jelasnya.

Kegiatan ini melibatkan beberapa unsur tim gabungan mengingat pengecekan yang dilakukan adalah mulai dari kesehatan pengemudi, surat kendaraan, hingga kondisi kendaraan bersangkutan.

"Kita melibatkan beberapa unsur mulai dari Sat Lantas Polres Landak, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, dan Samsat Ngabang," tambahnya.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang diperiksa, pertama kesehatan dari supir, kemudian surat-surat kendaraan dan kelayakan kendaraan mulai dari ngecek ban, rem, klakson dan hal lain yang menyangkut keselamatan pada kendaraan.

Ependi berharap dengan pengecekan yang dilakukan kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

"Harapan kita, angkutan Lebaran tahun ini bisa lebih aman, artinya tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan, karena kesiapan kendaraan ini yang perlu kita cek agar aman dan lancar sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin," terang dia.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019