Jakarta (ANTARA) - Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana mengimbau para pemudik yang akan pulang menuju kampung halaman untuk waspada terhadap aksi kejahatan yang mengincar para pemudik.

"Hal-hal apa saja yang harus dilakukan pemudik? Antara lain memakai perhiasan secukupnya dan tidak berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak dikenal untuk mengantisipasi adanya tindak pidana hipnotis atau gendam yang sering terjadi di lingkungan terminal," tutur Indra di Jakarta, Rabu.

Selain itu dia meminta pemudik untuk mengawasi anggota keluarga yang bepergian bersama mereka dan juga barang-barang bawaan mereka.

"Kami juga mengimbau pemudik untuk menjaga betul barang bawaannya dan terutama menjaga anak-anaknya supaya tidak terlepas di area terminal," kata AKP Indra.

Selain itu, anggota Polsek Kalideres juga akan menggelar patroli di sekitar terminal dan akan menempel selebaran kamtibmas di setiap bus yang membawa para pemudik.

Dalam selebaran tersebut tercantum nomor telepon Polsek Kalideres yang bisa dihubungi oleh pemudik apabila menemui kesulitan.

Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik, Polsek Kalideres juga menyiapkan pos pengamanan dan pos kesehatan.

Pemudik yang mengalami gangguna kesehatan bisa mendapatkan pengobatan di pos tersebut.

Pos kesehatan ini didirikan berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan BNNP DKI Jakarta.

Posko kesehatan tersebut juga telah mengadakan tes urin kepada para sopir bus di terminal tersebut untuk memastikan para sopir bus yang berangkat dari Terminal Deres bekerja dalam kondisi prima.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019