Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat keamanan dan pengawasan titik-titik rawan terjadi kejahatan di pelabuhan agar arus mudik Lebaran 2019 berjalan aman, tertib, dan lancar.

"Kami akan menindak tegas pelaku kejahatan dan calo tiket yang meresahkan calon penumpang kapal ini," kata Wadir Polair Polda Kepulauan Babel AKBP Mochamad Zainul usai memeriksa kesiapan petugas keamanan di Posko Mudik Lebaran Pelabuhan Pangkalbalam, Rabu.

Titik-titik kejahatan yang diwaspadai di kawasan pelabuhan ini, lanjut dia, di antaranya tempat parkir kendaraan, ruang tunggu, loket, dan tempat lainnya di dalam dan luar kawasan pelabuhan.

"Alhamdulillah, hingga saat ini kondisi calon penumpang yang menggunakan transportasi laut di pelabuhan masih aman, tertib, dan terkendali," ujarnya.

Selain memperketat pengamanan titik rawan kejahatan, Polda juga membuka posko pengaduan untuk memudahkan calon penumpang kapal melaporkan tindak kejahatan.

"Seluruh aparat kepolisian gabungan dari polda, polair, polres, polsek, TNI, dan KSOP disiaga untuk antisipasi tindak kejahatan selama masa arus mudik di pelabuhan," ujarnya.

Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar mengimbau masyarakat yang akan mudik menggunakan transportasi laut untuk membeli tiket di agen-agen resmi dan melaporkan jika ditemukan calo atau tindak kejahatan lainnya.

"Kami mengimbau para pemudik tidak membawa barang bawaan berlebihan, tidak memakai perhiasan mencolok yang akan mengundang orang untuk berbuat kejahatan," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019