counter

KPAI dorong pelaksanaan mudik yang ramah anak

KPAI dorong pelaksanaan mudik yang ramah anak

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto (tiga dari kanan) dan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi (dua dari kiri) bersama Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati (dua kanan), Komisioner KPAI Susianah (paling kiri) dan Komisioner KPAI Retno Listyarti (paling kanan) saat jumpa pers tentang mudik yang ramah anak di Jakarta, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha dan seluruh masyarakat untuk mewujudkan pelaksanaan mudik lebaran 1440 H yang ramah anak.

"Mudik merupakan tradisi bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, perlu dipastikan perwujudan mudik lebaran yang ramah anak," kata Ketua KPAI Susanto saat jumpa pers yang diadakan di Jakarta, Rabu.

KPAI meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah, aparat, dan penyedia jasa transportasi mudik untuk memberikan jaminan keselamatan dan layanan yang andal, termasuk meningkatkan kontrol kesesuaian proporsi penumpang dengan kapasitas muatan agar masyarakat termasuk anak dapat mudik dengan aman dan nyaman.

KPAI juga meminta pengelola bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, dan tempat istirahat di jalan raya untuk meningkatkan jaminan keamanan yang prima agar segala bentuk potensi yang membahayakan anak saat mudik bisa dicegah sedini mungkin.

"Selain itu, penyedia layanan transportasi harus memastikan bahwa moda transportasi yang digunakan untuk mudik telah melalui uji kelayakan dan keandalan," tutur Susanto.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, Susanto meminta untuk memastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima. Kondisi mesin, oli mesin, dan ban cadangan perlu diperiksa.

"Periksa juga perlengkapan dalam mobil seperti senter, segitiga pengaman, dongkrak, payung, jas hujan dan kotak obat," katanya.

KPAI juga mengimbau kepada pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyediakan posko mudik yang ramah anak dengan menyediakan layanan kesehatan, ruang laktasi, air bersih, makanan dan minuman yang aman, dan area bermain anak sementara.

"Termasuk layanan ramah anak disabilitas termasuk menyediakan petugas yang memiliki kemampuan pelayanan anak disabilitas serta informasi-informasi positif untuk semua anak," katanya.

Jumpa pers KPAI tentang mudik ramah anak menghadirkan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi.

Dari KPAI, selain Ketua Susanto, juga hadir Wakil Ketua Rita Pranawati, serta tiga komisioner, yaitu Retno Listyarti, Susianah, dan Ai Maryati Solihah.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BPJS Kesehatan tingkatkan pelayanan selama mudik lebaran 1440 h

Komentar