Batang (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menjamin pasokan air bersih saat Ramadhan hingga Lebaran 2019 masih terpenuhi untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Direktur PDAM Kabupaten Batang Yulianto di Batang, Rabu, mengatakan bahwa ketersediaan air di sejumlah sumber mata air yang dimiliki PDAM dipastikan masih mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama Lebaran.

"Kami terus berupaya menambah dan meningkatkan kapasitas pasokan air melalui penguatan sumber amata air yang ada di hulu dan sumur cadangan yang berada di Desa Cepagan Kecamatan Warungasem dan Pasekaran. Oleh karena, kami optimistis ketersedian air bersih akan mempu memenuhi kebutuhan 47 ribu pelanggan," katanya.

Ia mengatakan penggunaan air bersih selama bulan puasa terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu 20 persen dibanding sebelumnya yang mencapai sekitar 30 kubik air.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih, kata dia, PDAM masih mengandalkan dari semuber mata air di Bismo Kecamatan Blado, air permukaan, instalasi pengolah air di Desa Brayo, dan sumur yang berada di Kecamatan Warungasem.

"Inyaallah pasokan air cukup, kalaupun nanti ada gangguan, kamui telah mengantisipasi dengan menggunakan tengki air untuk didistribusikan pada masyarakat," katanya.

Ia berharap dengan meningkatnya pemakaian air bersih, masyarakat diharapkan menyiapkan tandon-tandon untuk menyimpan air bersih saat distribusi air yang dialirkan oleh PDAM mengalir lancar.

"Biasanya, pasokan air sedikit agak terganggu pada saat puncak pemakaian air oleh masyarakat yaitu pagi dan sore. Oleh karena, kami berharap masyarakat bisa menyiasiati saat pasokan air bersih lancar dengan menyiapkan tandon," katanya.

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019